Penjualan Kawasaki Versys-X 250 Jeblok, Kenapa?

Kawasaki Versys-X 250
Sumber :
  • VIVA.co.id/Purna Karyanto

VIVA.co.id – PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) belum lama ini meluncurkan motor terbaru di kelas touring dan adventure dengan kapasitas mesin 250 cc, yakni Versys-X 250. Nah, bagaimana dengan penjualannya?

Dua Motor Kawasaki Meluncur di Indonesia Jumat Besok

Motor ini didatangkan KMI secara utuh atau Completely Built Unit (CBU) dari Thailand untuk turut meramaikan pasar roda dua di dalam negeri. Sayangnya, penjualan motor ini semakin meredup dari bulan ke bulan.

Menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia atau AISI, hingga bulan kelima tahun ini, angka penjualan Versys-X 250 sebanyak 932 unit. Model yang paling banyak laku adalah Tourer, yakni sekitar 67 persen.

Kawasaki Luncurkan Versys 250 Baru di Indonesia, Segini Harganya

Fakta lain yang cukup mencengangkan adalah semakin menurunnya penjualan motor tersebut. Pada Februari 2017, total penjualan Versys-X 250 mencapai 430 unit, lalu turun menjadi 416 unit di bulan selanjutnya.

Angka penjualan di April 2017 makin parah, yakni hanya 72 unit. Pada bulan selanjutnya, motor yang dibanderol Rp63-72 jutaan itu hanya laku 14 unit.

Daftar Motor Honda yang Laku Keras di Jawa Barat

Menanggapi hal tersebut, Deputy Head Sales and Promotion Division KMI, Michael Chandra Tanadhi membantah bila minat konsumen terhadap motornya menurun. Ia menjelaskan bila kuota pengiriman motor untuk pihaknya memang telah habis sehingga pihaknya hanya mampu mengirim 14 unit di bulan Mei.

"Kami kepentok sama kuota import. setelah 13 Juli nanti start lagi. Dari pemerintah ada regulasi terkait import dan itu jatah kami sudah habis," katanya kepada VIVA.co.id, Selasa 20 Juni 2017.

Meski demikian, Michael mengaku bila konsumen bisa langsung mendapatkan Versys-X 250 di beberapa diler perusahaan motor asal Jepang tersebut. "Ada beberapa diler yang memang ready stock. Hanya saja memang ada beberapa wilayah yang inden," kata Michael.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya