Mudik Ogah Repot, Ini Biaya Kirim Paket Sepeda Motor

Jasa pengiriman sepeda motor
Sumber :
  • viva.co.id/Yunisa Herawati

VIVA.co.id – Sepeda motor hingga saat ini masih menjadi alat transportasi penting bagi masyarakat di mana pun berada. Dan bukan rahasia lagi jika dalam ritual tahunan mudik Lebaran, banyak yang memilih motor sebagai moda transportasi.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Namun, tak sedikit pula yang memilih untuk memaketkan sepeda motornya dengan harapan dapat ‘dipamerkan’ saat berada di kampung halaman. Tak heran jika jasa pengiriman sepeda motor biasanya ikut ‘bergairah’ menjelang Lebaran.

Lantas, berapa biaya pengiriman paket motor tersebut?

Bukan Cuma Mobil Esemka yang Pakai Nama Garuda

Salah satu pegawai PT Lintas Nusantara Perdana, Yudi, mengungkapkan biaya pengiriman paket sepeda motor sangat beragam. Biaya tersebut ditentukan tempat tujuan pengiriman. Semakin jauh tentu semakin mahal.

"Tergantung tempat tujuannya di mana, kami bisa antar paket motor sampai ke Bali atau Bima paling terjauh. Tapi, yang paling banyak dikirim rute Jawa Tengah," kata dia kepada VIVA.co.id di Kawasan Stasiun Pasar Senen, Rabu 21 Juni 2017.

Enggak Cuma Bebas Denda, Bayar Pajak Kendaran Juga Bisa Dapat Mobil

Dia mengatakan, selain tempat tujuan, jenis motor juga memengaruhi besaran biaya paket motor. Untuk daerah Jawa Tengah, pengiriman motor matik dipatok dengan tarif dari Rp350 ribu hingga Rp450 ribu.

"Untuk daerah Jawa Timur sekitar Rp600 ribu. Untuk rute terjauh seperti Bali sekitar Rp1 juta. Pengiriman motor sport berkapasitas hingga 250 cc tarifnya mulai Rp550 ribu sampai Rp1 jutaan," katanya.

Untuk waktu kendaraan sampai ke tempat tujuan, kata Yudi, rute Pulau Jawa sekitar satu hingga dua hari. Sementara itu, untuk tujuan luar Pulau Jawa seperti Bali dan Bima sekitar 3 hingga 4 hari.

"Tapi tergantung, kalau lagi banyak orderan, yang sehari biasanya sampai itu dua hari. Enggak lama sih, paling ya beda sehari sama yang sudah kami jadwalkan," katanya.

Di jasa ekspedisi PT Benny Putra, tarif pengiriman paket motor juga tak jauh berbeda. Untuk rute Jawa Tengah, pengiriman paket motor matik dipatok Rp350-400 ribu.

Selanjutnya, rute Jawa Timur dipatok dengan tarif Rp450-600 ribu. Untuk motor sport berkapasitas mulai 150 cc hingga 250 cc sekitar Rp400-750 ribu untuk rute Jawa Tengah-Jawa Timur.

"Kalau skutik dikirim ke Denpasar sekitar Rp650 ribu dan motor sport Rp800 ribu. Karena jarak tempuhnya juga jauh. Yang paling banyak dikirim sih daerah di Jawa Tengah," kata pemilik PT Benny Putra, Herry

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya