Bocoran Harga Royal Enfield Himalayan di Indonesia

Royal Enfield Himalayan.
Sumber :
  • Royal Enfield

VIVA.co.id – Pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, PT Distributor Motor Indonesia (DMI), selaku diler resmi Royal Enfield di Indonesia memamerkan produk terbarunya bernama Himalayan. Tetapi motor bergenre petualang itu belum dijual dan hanya menjadi pajangan.

Pak Prabowo, Jangan Lupa Janjinya Bikin Indonesia Produksi Mobil dan Motor Sendiri

Pengenalan Himalayan di Indonesia memang sengaja dilakukan Royal Enfield untuk mengukur sejauh mana antusiame masyarakat terhadap produk itu. Hasilnya, Himalayan akan segera masuk ke Indonesia dan mulai dipasarkan tahun depan. 

Menurut Sales Consultant PT DMI Bonie Ario, proses uji tipe Himalayan masih terus dilakukan. Pengetesan dan uji coba jalan dilakukan agar nantinya produk ini hadir tak mengecewakan. Persiapan juga meliputi layanan purnajual, yakni melatih teknisi untuk dapat menangani mesin Himalayan. 

Catat, Ini Daftar Bengkel yang Terima Konversi Motor Listrik Gratis

"Direncanakan tahun depan sudah bisa dipasarkan. Saat ini Himalayan masih terus uji tipe. Banyak calon konsumen yang memang sudah menanyakan kapan produk itu hadir, tapi kami harap semua bersabar," kata Bonie saat berbincang dengan VIVA.co.id, di markas Royal Enfield, Pejaten Barat Nomor 5, Jakarta Selatan, Rabu 21 Juni 2017.

Kalaupun meluncur nanti, motor besar dengan kapasitas mesin 410cc, satu silinder, dan mampu memproduksi tenaga 28 daya kuda itu akan dijual dengan harga tak jauh dari model Classic 500, yakni Rp80 jutaan. "Ya kisaran harganya segituan, Rp80 jutaan. Di India, dijual Rp40 jutaan. Lebih mahal karena kena PPnBM besar di sini," katanya.

Motor Baru Jangan Sampai Kehabisan Bensin, Risikonya Besar

Himalayan sudah diluncurkan di India. Harganya di sana tak lebih dari 200 ribu rupee, atau kurang dari Rp40 jutaan. Harga itu tentu saja membuatnya cukup berada jauh di bawah model-model moge petualang yang ditawarkan produsen lain. Himalayan sudah diuji ketahanannya di pegunungan Himalaya. Kebetulan VIVA.co.id menjadi salah satu peserta yang diberi kesempatan mengujinya di sana.

Himalayan dibekali mesin berteknologi SOHC dengan kapasitas 410cc. Semua tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut akan secara langsung disalurkan ke roda belakang menggunakan transmisi lima-percepatan, sehingga tak heran bila memiliki kemampuan baik untuk menerjang berbagai medan. Apalagi ditambah dengan adanya ground clearance yang cukup tinggi, yakni mencapai 220 mm serta adanya pelindung mesin di bagian bawah. Sementara bobotnya hanya 182 kilogram.

Suzuki Access

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Besar kemungkinan motor dari pabrikan asal Jepang tersebut akan memakai nama Suzuki e-Access, yang memiliki desain retro dan sudah dipasarkan versi bensinnya di India. ..

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024