Usai Mudik dengan Sepeda Motor, Periksa Komponen Ini

Ilustrasi pemudik menggunakan motor.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ardian

VIVA.co.id – Menempuh perjalanan jauh dengan menggunakan sepeda motor harus memperhatikan banyak faktor. Terlebih setelah mudik dengan motor ke kampung halaman. 

Mudik Lebaran 2017, Sebanyak 5,8 Juta Orang Naik Kereta Api

Menurut Kepala Mekanik AHASS CMM Purwakarta, Muhammad Abdul Wakhid, saat menempuh perjalanan jauh motor telah bekerja secara maksimal – apalagi saat mudik – kondisi jalan kerap kali mengalami kemacetan. Karena itu, yang perlu diperiksa pertama kali adalah kondisi oli mesin.

"Hal pertama yang perlu diperiksa ialah oli. Perhatikan apakah oli masih sesuai standar, karena oli memiliki fungsi melumasi, mendinginkan, serta mencegah karat, sehingga komponen ini perlu diperiksa kembali setelah menempuh perjalanan jauh,” kata Abdul kepada VIVA.co.id.

Libur Lebaran, Peredaran Uang di Jawa Barat Capai Triliunan

Tak cuma itu, periksa ulang kondisi rem, dan lampu adalah hal penting yang harus dilakukan.

“Lalu sistem rem apakah berfungsi dengan baik untuk depan dan belakang itu wajib untuk diperiksa. Cek kondisi lampu, pastikan fungsinya bagus untuk depan dan belakang,” ujar Abdul.

Libur Lebaran Usai, Siapa Untung dan Buntung?

Selain itu, cek kondisi ban. Apakah ban masih layak digunakan atau tidak. Karena perjalanan jauh tentu saja memengaruhi kondisi ban yang digunakan. Tidak lupa juga untuk memeriksa setelan gas, agar kondisi kendaraan lebih optimal.

“Kenapa harus diperhatikan karena apabila setelannya kekecilan pasti motor mati-mati kalau kebesaran nanti susah untuk dikendalikan, terlebih pada saat mesin panas, karena gas biasanya akan naik,” lanjut Abdul. (ren)

Ilustrasi

Menata Hati Sambut Bulan Suci

Sucikan hati sebelumnya bulan Ramadhan.

img_title
VIVA.co.id
30 Maret 2018