Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 13 Juli 2017 | 16:10 WIB
  • Garansi Motor Ini Tak Hangus Meski Dimodifikasi Ekstrem

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Jeffry Yanto Sudibyo
Garansi Motor Ini Tak Hangus Meski Dimodifikasi Ekstrem
Photo :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto
Modifikasi Cleveland CycleWerks.

VIVA.co.id – Setiap pabrikan motor memang mempunyai aturan sendiri bagi para main diler-nya, seperti motor yang sudah dibeli oleh konsumen. Umumnya aturan menyebut garansi akan gugur jika motor sudah dimodifikasi oleh pemiliknya. Agar garansi motor tidak gugur, pabrikan pun menawarkan aksesori yang bersifat plug and play (PnP) dan bisa didapat dari diler tempatnya membeli motor.

Namun ada yang berbeda yang ditawarkan sepeda motor racikan Amerika Serikat yang dijual di Indonesia oleh PT Sumatera Motor Indonesia (SMI), yakni Cleveland CycleWerks. Sebab, bukan hanya sekadar modifikasi, motor yang sudah di-custom oleh pemiliknya sedemikian rupa pun masih dijamin garansinya.

Menurut Ari Muliawan, Country Head Marketing and Sales Cleveland CycleWerk Indonesia, garansi masih akan berlaku dengan catatan modifikasi mesti dilakukan dengan mitra PT SMI. “Nanti konsumen kami arahkan ke lima builder yang telah bekerja sama dengan kita, meskipun secara in house (di diler) kami juga ada speed shop sendiri. Jadi untuk engine kalau custom masih berlaku, karena kan memang dengan partner,” ujar Ari di Bintaro, Tangerang, Kamis 13 Juli 2017.

PT SMI juga saat ini menyediakan berbagai aksesori PnP di dilernya dan bekerja sama dengan beberapa builder. Garansi motor yang dimodifikasi akan gugur jika dilakukan ubahan di luar partner PT SMI. “Kita tiga tahun (garansi), lalu engine unlimited dengan catatan dan ketentuan berlaku. Intinya kalau untuk mesin selama servis di kami masih berlaku,” katanya.

Gandeng Builder

Untuk kuat menancapkan kuku bisnisnya di Tanah Air, Cleveland CycleWerks yang menawarkan motor bergaya cafe racer, scrambler, chopper, bobber dan lain-lain memang menggandeng sejumlah builder. Itu dilakukan agar adanya saling dukung dari kedua belah pihak tanpa harus saling melumat pasar.

Kata Ari, jika konsumen ingin memiliki motor custom jenis cafe racer ekstrem sekali pun, pasti pihak SMI akan mengarahkan ke builder terpercaya. “Ini menjadi tren baru, di mana pabrikan dan showroom bekerja sama dengan builder, dan konsep dari konsumen. Misalnya konsumen suka scrambler, flat tracker, bisa kita arahkan ke Lawless Custom punya Mas Ucup,” tuturnya.

Acara Cleveland CycleWerks di Jakarta.

Dari lima builder yang ada, tiga di antaranya adalah Bingky Bikerstation, Lawless, dan Gearhead Mongkey Garage. “Nantinya kita akan gandeng builder lebih banyak lagi, terutama yang muda-muda,” katanya.

Sebagai catatan, saat peresmian hadirnya Cleveland di Tanah Air, empat builder dari Jabodetabek menampilkan hasil karyanya dengan berbagai macam aliran. Pihak PT SMI memberi satu motor Cleveland untuk di-custom mereka.