Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 17 Juli 2017 | 15:14 WIB
  • Yamaha Bicara Peluang Hadirnya XMAX 400cc di Indonesia

  • Oleh
    • Toto Pribadi,
    • Dian Tami
Yamaha Bicara Peluang Hadirnya XMAX 400cc di Indonesia
Photo :
  • Visordown
Yamaha XMAX 400.

VIVA.co.id – Hadirnya XMAX dengan mesin berkapasitas 400cc kembali menyita perhatian. Meski bentuk fisik sama dengan edisi 250cc dan 300cc, motor pabrikan Jepang ini disematkan tambahan lampu LED pada bagian depan dan belakangnya.

Menanggapi hal tersebut, General Manager Aftersales & Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), M Abidin mengaku masih belum mengetahui apakah motor dengan kapasitas mesin lebih besar tersebut akan ikut memeriahkan pasar otomotif Tanah Air.

"XMAX 400 kami masih belum tahu," katanya singkat saat dihubungi VIVA.co.id, Senin 17 Juli 2017.

Saat disinggung basis produksi XMAX 400 yang kabarnya berada di Indonesia, Abidin dengan tegas membantah hal tersebut. "Buatan mana saya enggak tahu, Pulo Gadung masih yang 300, tapi XMAX itu Eropa basicnya," ujar Abidin.

Sebagai informasi, dapur pacu XMAX 400 menggunakan mesin berkapasitas 395 cc satu silinder DOHC. Tenaga maksimum yang bisa dihasilkan adalah 24.5 kW pada putaran mesin 7.000 rpm dan torsi maksimum 36.0 newton meter pada 6.000 rpm. Coba bandingkan dengan model XMAX 250, tenaga maksimalnya 16,8 Kw pada 7.000rpm dan torsi maksimal 24,3 newton meter pada 5.500 rpm.

Selain mesin, hal lain yang berbeda adalah alumunium yang dirancang baru pada roda dan memiliki peranti pengereman yang sudah dual disc alias dual cakram. Ban depannya menggunakan ukuran 120/70-15 dengan ban belakang ukuran 150/70-13. Sementara itu, speedometer telah diperbaharui dengan memiliki sepasang fitur analog.

Perbedaan lain yang dimiliki XMAX 400 dari XMAX 250 dan 300 adalah box filter udara dan box CVT. Bentuk knalpot dan peranti part di atas knalpot juga berbentuk berbeda. Selain itu, ada back rest seat di bagian belakang jok pengemudi.

Kompartemen di bawah jok memiliki ruang yang cukup luas, muat untuk dua helm. Ada pula ditur Keyles Ignition System, Traction Control System, termasuk bagasi untuk sarung tangan di bagian depan. Skuter bongsor ini ditawarkan dalam skema warna biru dan dengan nuansa abu-abu.