Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 17 Juli 2017 | 15:35 WIB
  • Indonesia Jadi Basis Produksi Mesin Moge, Ini Kata Yamaha

  • Oleh
    • Toto Pribadi,
    • Dian Tami
Indonesia Jadi Basis Produksi Mesin Moge, Ini Kata Yamaha
Photo :
  • Paultan
Yamaha MT-10 Tourer 2017

VIVA.co.id – Yamaha Motor berencana menjadikan Indonesia sebagai basis produksi untuk mesin motor gedenya. Dengan kata lain, mesin moge Yamaha dengan kapasitas di atas 700cc yang sebelumnya diproduksi di pabrik Iwata Jepang akan dipindahkan ke Indonesia.

Seperti yang dilansir Reuters, Senin 17 Juli 2017, Yamaha Motor kabarnya telah siap melakukan investasi besar-besaran untuk merealisasikan rencana besar tersebut. Rencananya, proses ini akan benar-benar selesai hingga 2019 mendatang.

Menanggapi kabar tersebut, General Manager Aftersales & Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), M. Abidin mengaku masih belum mendapatkan penjelasan terkait hal tersebut.

"Belum ada penjelasan. Kalau ditanya siap atau tidak, kami tentu saja siap karena memang kami memiliki assembling di Pulo Gadung dan Kerawang. Jadi infrastruktur siap," kata Abidin saat dihubungi VIVA.co.id.

Saat disinggung lebih jauh alasan sebuah negara ditunjuk menjadi basis produksi, Abidin menjelaskan bila proses mengenai hal tersebut tentu membutuhkan waktu panjang.

"Memang tahun 2014 Yamaha Indonesia sudah menyandang Global Factory. Hal tersebut tentu tidak gampang karena memang membutuhkan waktu panjang. Jadi tidak serta merta hanya ditunjuk," ujarnya.

Sebagai catatan, kebutuhan mesin moge pertahun Yamaha saat ini membutuhkan hingga 20 ribu mesin.

Kabarnya hasil produksi dari Indonesia ini akan diekspor ke negara-negara barat seperti Eropa dan Amerika, yang permintaan untuk motor besar terbilang masih sangat tinggi.