Panduan Servis Besar pada Motor, Biayanya?

Ilustrasi motor matik.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasin Fadillah

VIVA.co.id – Seiring lamanya penggunaan sepeda motor, performanya akan semakin menurun. Apalagi untuk motor yang digeber setiap hari. Apabila kendaraan telah mencapai jarak tempuh yang cukup jauh maka disarankan melakukan servis besar.

Dua Hal Ini Bikin Motor Bergetar Parah

Dengan servis besar, performa motor selalu tampil prima dan kondisi mesin tetap terjaga. Mekanik bengkel Clinic Motor Jakarta, Eko Safitrianto, mengatakan servis besar dilakukan jarak tempuh motor telah mencapai 10 ribu kilometer.

"Tergantung jarak tempuh pemakai motor. Biasanya sih servis besar kalau jarak tempuhnya 10 ribu kilometer atau 15 ribu kilometer," kata Eko kepada VIVA.co.id di Jakarta, Juma,t 4 Agustus 2017.

Cara Mudah Mencegah Rantai Motor Lepas atau Cepat Putus

Dia mengatakan servis besar tak bisa juga dijangkau dengan usia motor. Sebab kata dia, ada juga pemilik motor yang kerap menggunakan motornya dengan jarak tempuh yang cukup jauh namun tunggangannya itu sudah harus dilakukan servis besar.

"Enggak juga sih (berpatokan umur motor). Motor yang baru enam bulan dipakai juga bisa diservis besar, itu kalau motornya sering dipakai jalan jauh. Jadi hitungnya kilometer," ujarnya menambahkan.

Motor Lama Tidak Dipakai Harus Cabut Aki? Ini Jawabannya

Kata Eko, dalam melakukan servis besar adapun pengerjaannya meliputi membongkar beberapa bagian mesin seperti seher, ring seher dan klep. Waktu servis besar ini terbilang cukup lama yakni sekitar tiga sampai empat jam.

"Kan silinder head-nya dibuka, dibersihin sehernya, dicek klep dan bagian lainnya. Biaya servis besar sekitar Rp150 ribuan," kata dia.

Berkendara motor di musim hujan

6 Cara Mudah Merawat Motor saat Musim Hujan

Saat memasuki musim hujan seperti ini merawat motor menjadi lebih penting dan harus bisa mencegah agar tetap dalam kondisi prima.

img_title
VIVA.co.id
1 Oktober 2021