Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 24 Agustus 2017 | 13:56 WIB
  • Ubah RX King Lawas Seperti Baru Bisa Rogoh Rp50 Juta

  • Oleh
    • Rendra Saputra
Ubah RX King Lawas Seperti Baru Bisa Rogoh Rp50 Juta
Photo :
  • VIVA.co.id
RX King yang dijual Rp85 juta oleh Asfa.

VIVA.co.id – Langkah restorasi alias pemulihan kondisi seperti keadaan semula kerap dilakukan para pencinta sepeda motor lawas. Banyak alasan diungkapkan, mulai dari ingin menjual kembali dengan harga mahal, agar lebih layak pakai, hingga hobi mendandani agar motor selalu tampak seperti baru.

Namun merestorasi kendaraan agar jadi mulus seperti keluar dari diler ternyata membutuhkan dana tak sedikit. Untuk sepeda motor RX King lawas keluaran 2003 saja, pemilik bisa merogoh kocek hingga Rp50 juta. 

Hal inilah yang disampaikan Asfa Doeldoel, warga Jakarta Barat. Dia mengaku baru saja merombak total motor RX King kesayangannya menjadi benar-benar baru. Tak cuma sektor yang mudah dilihat mata, rangka, baut terkecil, spion, rantai, hingga jeroan mesin tak luput dari sapuan restorasi. Lantas mengapa dia merogoh dana hingga begitu banyak?

Kata Asfa yang berprofesi sebagai pedagang suku cadang sepeda motor, biaya restorasi menjadikan motor benar-benar baru kembali memang mahal. Sebab di satu sisi, suku cadang yang terbatas membuat harganya melambung tinggi. Untuk mendapatkannya pun penuh perjuangan, inden dengan waktu cukup lama dari Yamaha langsung, sementara mereka sudah menghentikan penjualan motor bersuara cempreng tersebut.

Sebagai contoh, untuk sekadar mendapatkan jok benar-benar orisinil saja, Asfa mesti mengeluarkan dana Rp3 juta. "Baut full satu motor saja, mulai dari bodi hingga mesin yang orisinal bisa habis Rp4,5 juta. Memang biaya restorasi lebih mahal. Jika lihat di katalog Yamaha, ditotal restorasi memang segitu," katanya saat berbincang dengan VIVA.co.id, Kamis 24 Agustus 2017.

RX King restorasi yang dijual Rp85 juta.

Maka tak heran jika ketika ia ingin menjualnya kembali, Asfa mematok motor ini dengan harga Rp85 juta. Apalagi motor yang dijualnya menyandang status edisi terbatas Anniversary 20th RX King di Indonesia.

"Makanya tak bisa disamakan beli motor jadi dengan membangun ulang. Tentu mending lebih untung beli baru, lebih murah. Tetapi kan mereka (Yamaha) kini sudah tak produksi lagi. Bikin massal itu kan jatuhnya lebih murah ketimbang bangun satuan. Nah saya ini bangun satuan, jadi ya begitu sampai Rp50 juta," katanya.

Baca juga: Lagi, Ada RX King Bekas Mulus Dijual Rp85 Juta