Kalahkan China, Negara Ini Jadi Produsen Motor Terbesar

Ilustrasi pabrik motor di India
Sumber :
  • automotivemanufacturingsolutions

VIVA.co.id – Selama ini, China dikenal sebagai negara produsen sepeda motor terbesar di dunia. Namun kini status itu tak lagi disandang negeri Tirai Bambu tersebut. India baru saja merebut 'gelar' tersebut.

Piaggio Siapkan Vespa Edisi Terbatas Buatan Indonesia

India menyalip China sebagai produsen kendaraan roda dua setelah menjual sebanyak 17,5 juta motor selama tahun finansial 2016-2017. Dari angka itu, Royal Enfield menjadi penyumbang terbesar dengan memproduksi 700 ribu motor.

Lalu untuk sepeda motor yang paling banyak dijual India yakni sepeda motor dengan kapasitas mesin 125cc.

Bukan Indonesia, Royal Enfield Pilih Bikin Pabrik di Thailand

Keberhasilan India menjadi negara penghasil motor terbesar di dunia tak lepas dari banyaknya kerja sama yang dilakukan produsen motor asal India dengan pabrikan motor luar termasuk dengan kepemilikan saham.

Sebagai contoh, pada 2007, Bajaj Auto berkolaborasi dengan KTM. Awal tahun ini, Husqvarna juga menggandeng Bajaj Auto. Yang terbaru, Bajaj Auto juga menjalin koalisi dengan Trumph. Lalu ada BMW G310R yang diproduksi di pabrik TVS di India.

Bukan Cuma Mobil Esemka yang Pakai Nama Garuda
Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022