Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 3 September 2017 | 14:07 WIB
  • Motor Petualang Buatan Austria Meluncur di Indonesia

  • Oleh
    • Toto Pribadi,
    • Jeffry Yanto Sudibyo
Motor Petualang Buatan Austria Meluncur di Indonesia
Photo :
  • VIVA.co.id/Jeffry
KTM 1290 Super Adventure

VIVA.co.id – PT Moto Adventure Indonesia atau yang lebih dikenal 2Wheelies sebagai distributor motor KTM di Jakarta resmi meluncurkan produk terbarunya yang mengincar segmen off-road yakni, KTM 1290 Super Adventure.

Alex Samosir sebagai Owner 2Wheelies, mengatakan, sangat percaya diri dengan memasukkan motor kelas off-road ini ke Indonesia. Kata dia, peningkatan pasar motor adventure di Indonesia saat ini mencapai 50 persen lebih peminatnya.

“Mungkin orang mulai bosen yah dengan motor yang begitu-begitu saja (sport, naked bike) dengan performa dan fitur terbilang standar. KTM juga pasarnya cukup besar, tahun lalu saya hanya sendirian menjual moge KTM dan tahun ini mulai banyak,” ujarnya di Kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Minggu 3 September 2017.

Lanjut dia, untuk saat ini peminat Super Adventure di Indonesia masih didominasi dari luar Pulau Jawa jadi bukan dari Jakarta. Menurut dia, sesuai dengan penggunaan motor ini, karena konsumen rata-rata menggunakannya untuk jalan yang lebih hancur dan lebih ekstrim.

Motor ini dibawa utuh dari negera asalnya, Austria yang ditawarkan dalam tiga varian yakni, Super Adventure T, S dan tipe R yang menjadi kasta tertingginya. Ketiga varian ini mengadopsi fitur dan mesin yang sama, namun tetap ada perbedaan yang paling mencolok.

“Perbedaan utamanya terlihat di suspensi dan velg. Untuk tipe T velg jari-jari depan 19 inci belakang 16 inci, tipe S velg racing depan 19 inci belakang 17 inci, tipe R velg jari-jari depan ring 21 belakang 18 inci paling keliatan di situ. Sisanya beda-beda tipis untuk fitur, paling untuk tipe R dan S kuncinya sudah keyless entry, kalau tipe T masih konvensional,” katanya.

Urusan teknologi keselamatan, kuda besi yang dapat melahap jalan tanah ini dibekali dengan fitur semi active suspension jadi seperkian detik suspensi akan mencocokan dirinya sesuai kondisi jalan, dan pengereman yang sudah dilengkap Antilock Braking System (ABS) dengan MSC.

Selain itu ada cornering light dimana lampu dapat menyala sendiri saat tikungan, slipper cluth seperti motor-motor besar lainnya, dan cruise control agar saat riding jauh di jalan bebas hambatan tidak perlu repot menahan gas pada rpm dan kecepatan tertentu.

Jantung pacunya, kuda besi asal Eropa ini dibekali mesin berkapasitas 1.300 cc yang dapat menyemburkan tenaga maksimal 160 daya kuda dengan bantuan transmisi 6-percepatannya. Selain itu, ada juga empat pilihan riding mode yakni, Sport, Street, Rain dan Off-road.