Biaya 'Sulap' Motor Ninja hingga RX-King Jadi Jagoan Balapan

Motor-motor balap
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry

VIVA.co.id – Bukan rahasia lagi jika balapan liar maupun resmi masih menjadi tren anak muda saat ini. Tak heran jika order menjadikan motor standar bawaan pabrik menjadi motor balap masih terbilang tinggi.

Kecepatan Motor Balap Listrik Ducati di Ajang MotoE Bikin Kaget

Nah bagi Anda yang memang suka dengan olah raga yang menguji adrenalin ini, tentu tulisan ini dapat menjadi referensi. Sebuah bengkel di Kawasan Petamburan, Tekno Tuner HS secara terang-terangan membeberkan biaya untuk menyulap motor Anda menjadi motor balap.

Bian Mohar, pemilik bengkel mengakui tempatnya memang menjadi salah satu tujuan menyulap berbagai jenis kendaraan menjadi motor dengan spesifikasi balap. Mulai dari Kawasaki Ninja, Yamaha RX-King hingga Suzuki Satria.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Untuk menjadikan Ninja standar menjadi versi balap untuk mengotak-atik mesin saja dibutuhkan dana mulai Rp15 juta hingga Rp20 juta. Sementara untuk RX-King Rp10-15 juta, dan Satria Rp 5-10 juta. Kata dia, dengan catatan mesin dalam kondisi standar belum pernah diubah dari bengkel lain.

"Yang diganti itu full rasio satu sampai enam untuk Ninja, kruck as, klaher full C4, pengapian standar tunggal (Ninja 1996-an, CDI dan koil menyatu) yang diriset ulang. Bedanya kami, motor sudah terima bersih, jadi kami sudah melakukan setting berkali-kali sampai motor siap taruhan," katanya kepada VIVA.co.id.

Polisi Sebut Street Race Bakal Digelar Lagi April 2022

Pria yang sempat menggeluti dunia free style ini menjamin kalau ubahan pengapian tunggal ini lebih bagus ketimbang sistem total loss 1454 (kode CDI Ninja di Thailand) yang biasa digunakan bengkel lain.

Untuk memastikan kemampuan motor, Brian Mohar bahkan turun langsung menguji di jalanan. Jadi tugas joki nantinya hanya menentukan gear sesuai dengan jarak dan bobot badannya. Oleh sebab itu, pemilik motor jadi tidak perlu repot mengeluarkan biaya tambahan untuk meriset motor.

"Jaminan kencang atau tidaknya motor bisa lihat dari mesin dyno. Untuk Ninja dari tenaga standar 26 hp dan torsi 18 Nm, meningkat jadi 40,6 hp dan torsi 26 newton meter. Untuk catatan waktu dengan jarak 500 meter butuh waktu 13,8 detik," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya