Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 15 September 2017 | 00:30 WIB
  • Moncer di Eropa, Kenapa Yamaha Masih Ogah Boyong XMAX 125?

  • Oleh
    • Toto Pribadi
Moncer di Eropa, Kenapa Yamaha Masih Ogah Boyong XMAX 125?
Photo :
  • Dok Yamaha
Yamaha XMAX 125 edisi 2018.

VIVA.co.id – Yamaha diketahui punya sederet skutik maxi alias bongsor. Mulai dari Aerox 155 VVA, NMAX, XMAX hingga TMAX. Menariknya, Yamaha Indonesia justru tak mendatangkan salah satu tumpuan penjualan mereka di Eropa yakni XMAX 125.

Justru yang dijual XMAX 250. Padahal di Eropa, XMAX 125 mampu terjual hingga 140 ribu lebih sejak pertama kali diluncurkan. Tak heran banyak yang mempertanyakan alasan Yamaha Indonesia masih ogah mendatangkan XMAX 125.

Kabar terakhir, Yamaha pusat telah menyiapkan XMAX 125 versi paling gres yang akan meluncur pada 2018 mendatang. Nah, alasan mengapa Yamaha Indonesia masih tak tertarik memboyong XMAX 125 dijelaskan GM After Sales dan Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), M Abidin.

Menurut Abidin, peluang XMAX 125 dipasarkan di Indonesia masih terbilang 'mustahil'. "Sepertinya untuk masuk Indonesia tidak. Karena motor ini kan dibuat dengan latar belakang kondisi di sana (Eropa)," kata Abidin kepada VIVA.co.id.

Lebih lanjut Abidin menjelaskan, meski ada beberapa komponen yang dibuat di Indonesia, namun kehadiran XMAX 125 di Eropa itu karena berkaitan dengan lisensi atau Surat Izin Mengemudi (SIM) yang berdasarkan volume silinder.

Diketahui sebelumnya, XMAX 125 terbaru hadir dengan beberapa perubahan. Untuk model paling gres ini, Yamaha melakukan beberapa perubahan seperti penggunaan lampu LED dan penyematan traction control yang tentu akan memberikan kenyamanan dan keamanan lebih dibanding model sebelumnya.

Tak hanya itu, mesin silinder tunggal dengan kapasitas 125cc yang ditanamkan juga telah disesuaikan dengan aturan Euro4. Lalu untuk roda depan, Yamaha juga melakukan perubahan, di mana ukurannya dibuat lebih besar, 15 inchi, untuk memberikan kestabilan dan kemudahan dalam handling.

Untuk pilihan warna ada empat yakni Radical Red, Sonic Grey, Phantom Blue dan Blazing Grey. Sayangnya, untuk soal harga, Yamaha masih enggan membocorkannya. (ase)