Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 15 September 2017 | 11:23 WIB
  • Yamaha Indonesia Sukses 'Jajah' Lebih dari 14 Negara

  • Oleh
    • Toto Pribadi
Yamaha Indonesia Sukses 'Jajah' Lebih dari 14 Negara
Photo :
  • Rendra/VIVA.co.id
Valentino Rossi tunggangi motor baru Yamaha, Xabre.

VIVA.co.id – Yamaha Indonesia kembali merajai penjualan kendaraan untuk pasar ekspor. Dari data penjualan pada Agustus lalu yang dirangkum Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI), Yamaha unggul jauh dari para kompetitor.

Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) masih menguasai penjualan sepeda motor di luar negeri dengan total 29.109 unit. Sedangkan Honda lewat AHM hanya mampu memasarkan produknya di mancanegara sebanyak 10.131 unit.

Jika ditotal dari bulan Januari hingga Agustus, Yamaha Indonesia telah mengekspor sebanyak 155.309 unit. Sedangkan rival abadinya, Astra Honda Motor total melempar ke luar negeri sebanyak 74.868 unit. Lalu apa kunci keberhasilan Yamaha?

Menurut GM After Sales dan Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), M Abidin, kunci keberhasilannya karena Yamaha Indonesia telah menguasai lebih dari 14 negara untuk tujuan ekspor.

"Ada lebih dari 14 negara. Paling banyak diekspor ke Eropa, lalu negara-negara ASEAN baru menyusul Amerika Serikat (AS)," kata Abidin saat dihubungi VIVA.co.id.

Selain itu, masih menurut Abidin, Yamaha Indonesia juga telah merambah negara-negara di Amerika Latin meski hanya dalam bentuk komponen. Menariknya, Yamaha Indonesia juga mengekspor beberapa motor ke negara asal pabrikan, Jepang.

"Ya, kami telah menjangkau Amerika Latin meski baru dalam bentuk komponen. Baik itu yang CKD maupun SKD," katanya. (mus)