Biaya Servis Kunci Kontak Motor Seret di Bengkel Resmi

Kunci motor yang juga berfungsi sebagai remote Answer Back System.
Sumber :
  • Welovehonda

VIVA.co.id – Kunci kontak jadi bagian penting bagi kendaraan termasuk sepeda motor. Perangkat ini jadi pintu keamanan serta awal memulai kerja kendaraan sebelum digunakan. Namun kunci tidak terlepas dari masalah. Salah satunya adalah kunci yang terasa seret saat dimasukkan ke dalam lubang kunci, atau bahkan sering tersangkut di bagian dalam.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Menurut mekanik bengkel resmi Yamaha, Ramdani, kunci kontak seret biasanya disebabkan beberapa faktor, salah satunya bagian rumah kunci ada yang rusak atau mulai terkikis karena pemakaian. "Biasanya kalau seret begitu, kunci kontaknya sudah rusak," kata Ramdani saat berbincang kepada VIVA.co.id.

Lalu, kunci kontak seret juga bisa disebabkan karena rumah kunci dalam kondisi kering. Alasannya, tak pernah diberi pelumas untuk memudahkan proses keluar masuk kunci. "Biasanya baret, karena kering. Kalau begitu solusinya disemprot kunci kontaknya pakai WD-40 atau bisa juga dikasih oli biar enggak seret," ujarnya.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Dia menyarankan agar pemilik kendaraan tak sering memaksa jika kunci terpasang tidak tepat saat hendak menyalakan motor. Sebab hal ini bisa membuat rumah kunci baret atau rusak.

"Biasanya kuncinya belum pas saat masuk atau saat mau keluarin kunci belum pas banget sudah ditarik saja kuncinya. Jadi bikin baret tuh. Kalau biaya servis benerinnya sekitar Rp25 ribu sampai Rp35 ribu," kata dia. (ren)

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa
Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022