Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 20 September 2017 | 13:30 WIB
  • Biaya Servis Kunci Kontak Motor Seret di Bengkel Resmi

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Yunisa Herawati
Biaya Servis Kunci Kontak Motor Seret di Bengkel Resmi
Photo :
  • Welovehonda
Kunci motor yang juga berfungsi sebagai remote Answer Back System.

VIVA.co.id – Kunci kontak jadi bagian penting bagi kendaraan termasuk sepeda motor. Perangkat ini jadi pintu keamanan serta awal memulai kerja kendaraan sebelum digunakan. Namun kunci tidak terlepas dari masalah. Salah satunya adalah kunci yang terasa seret saat dimasukkan ke dalam lubang kunci, atau bahkan sering tersangkut di bagian dalam.

Menurut mekanik bengkel resmi Yamaha, Ramdani, kunci kontak seret biasanya disebabkan beberapa faktor, salah satunya bagian rumah kunci ada yang rusak atau mulai terkikis karena pemakaian. "Biasanya kalau seret begitu, kunci kontaknya sudah rusak," kata Ramdani saat berbincang kepada VIVA.co.id.

Lalu, kunci kontak seret juga bisa disebabkan karena rumah kunci dalam kondisi kering. Alasannya, tak pernah diberi pelumas untuk memudahkan proses keluar masuk kunci. "Biasanya baret, karena kering. Kalau begitu solusinya disemprot kunci kontaknya pakai WD-40 atau bisa juga dikasih oli biar enggak seret," ujarnya.

Dia menyarankan agar pemilik kendaraan tak sering memaksa jika kunci terpasang tidak tepat saat hendak menyalakan motor. Sebab hal ini bisa membuat rumah kunci baret atau rusak.

"Biasanya kuncinya belum pas saat masuk atau saat mau keluarin kunci belum pas banget sudah ditarik saja kuncinya. Jadi bikin baret tuh. Kalau biaya servis benerinnya sekitar Rp25 ribu sampai Rp35 ribu," kata dia. (ren)

OtoVIVA selalu menyajikan liputan yang tidak biasa. Sekarang, kita akan menjajal sehari jadi supir Bajaj Qute yang menggantikan bemo. Gimana serunya? Lihat lengkapnya di sini.