Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 24 September 2017 | 17:18 WIB
  • Keren, Motor Ini Antihujan dan Bisa untuk Karaoke

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama,
    • Yunisa Herawati
Keren, Motor Ini Antihujan dan Bisa untuk Karaoke
Photo :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati
Motor antihujan dan bisa untuk karaokean.

VIVA.co.id – Mengendarai sepeda motor terasa tidak menyenangkan jika dikendarai di tengah terik matahari dan hujan deras. Namun kondisi ini rupanya tak berpengaruh bagi Oki Rahmola.

Skuter matiknya yakni Yamaha Mio Sporty 2006, dimodifikasi dengan berbentuk payung sehingga pengendara tidak kepanasan, juga tidak kehujanan saat bepergian.

"Ini dibangun dari Mio Sporty 2006, terinspirasi saat buka-buka website, internet," kata Oki saat ditemui di gelaran bursa motor, SCBD, Jakarta Selatan, Minggu 24 September 2017.

Dia mengatakan, motor tersebut dibangun selama tiga bulan dengan menghabiskan dana sekitar Rp17 juta. OkI yang berprofesi sebagai pegawai toko variasi otomotif ini membangun motor itu sendiri.

"Dikerjakan sendiri, kebetulan saya kerja di bengkel variasi. Jadi bisa ngerjain sendiri," ujarnya.

Oki tak mengubah banyak motornya. Hanya mengubah kapasitas mesin, dari 110cc menjadi 135cc. Dengan mengganti piston dan ring piston berukuran 54.

"Tambah aki 40 ampere, adaptor 40 ampere, alternator 45 ampere, tambah kompresor, power empat chanel, speaker 12 inci, payung motornya dibuat dari kulit jok. Motornya bisa dipakai juga buat karaokean," tuturnya.

Untuk desainnya, dia menambahkan beberapa bagian motor dengan barang-barang daur ulang dan copotan. Seperti tombol untuk menekan payung dengan pintu water closet (WC), dan penyangga payungnya dengan besi pagar yang dikrom.

"Cover motor saya pakai bekas Suzuki Satria, knalpot diambil dari Honda Kharisma. Aksesoris ini sisaan daur ulang. Enggak ada yang beli, ambil saja barang-barang yang enggak terpakai," kata dia. (ase)