Ternyata Honda Luncurkan Skutik SH150i Hanya 'Tes Ombak'

Honda SH150i.
Sumber :
  • Scooternet

VIVA.co.id – Pada April 2017 lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan skuter matik premium bergaya Eropa, SH150i. Sayangnya, penjualan skutik yang satu ini terbilang 'biasa-biasa' saja.

Honda Beat 2022 Dapat 4 Baju Baru, Makin Ngejreng!

Dari data penjualan Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI), sejak pertama kali diluncurkan, skutik yang masuk kelas premium ini hanya mampu terjual sebanyak 70 unit. Bulan Juli menjadi yang tertinggi dengan 53 unit. Sedangkan Agustus lalu hanya laku terjual 7 unit.

Direktur Pemasaran PT AHM Thomas Wijaya membeberkan alasan motor skutik premium seharga Rp44,9 juta on the road Jakarta ini kurang begitu laku di pasaran Tanah Air.

Bukan Vario 160, Honda Malah Rilis SH150i dengan Mesin PCX

"Konsep SH150i pertama kami launching memang kita ingin mencoba membuka pasar premium skuter bergaya Eropa. Tujuannya untuk mengetahui apakah market di Indonesia memang suka desain Eropa," kata Thomas.

Sebab, masih menurut Thomas, motor skuter matik dengan desain Eropa ternyata sangat laris manis saat dijual di beberapa negara ASEAN, terutama di Vietnam.

Honda Tak Lagi Jual Motor Ini di Indonesia

"Di negara ASEAN lainnya, terutama di Vietnam, skuter bergaya Eropa sangat booming. Kita sudah ada yang compact kayak Beat, Retro pada Scoopy lalu Vario Techno yang lebih sporty, nah kita juga ingin tahu seperti apa respons market untuk motor ini (SH150i)," ucapThomas.

Nah, dari penjualan SH150i dalam tiga bulan ini rupanya dapat memberikan gambaran bagi AHM bahwa skuter premium bergaya Eropa memang kurang disukai di Indonesia.

“Oh ternyata desain skuter matik bergaya eropa pasarnya masih sedikit. Kalau alasan karena harga tentu tidak karena motor ini harganya hampir sama dengan PCX. Tapi PCX laku,” kata Thomas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya