Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 2 Oktober 2017 | 11:23 WIB
  • Ubahan Fino Baru Tidak Sekadar Ban Lebar

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono,
    • Pius Yosep Mali
Ubahan Fino Baru Tidak Sekadar Ban Lebar
Photo :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali
Yamaha Fino baru.

VIVA.co.id – Skuter matik Yamaha New Fino 125 BlueCore kini menggunakan ban baru yang lebih lebar dan tak lagi menggunakan ban dalam.

Skuter matik model retro ini menggunakan karet bundar berukuran  80/80-14M/C 43P di depan dan 100/70-14M/C 51P di roda belakang.

Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Ridwan Arifin menjelaskan, ubahan yang dilakukan tidak hanya mengganti ban saja, namun juga mengubah komponen pendukungnya.

"Garpu depannya harus disesuaikan dengan ukuran lebih lebar, termasuk sama pelek juga," tuturnya saat peluncuran Fino baru di Jakarta. 

Untuk pelek Fino baru tersebut, kata Ridwan, kalau diperhatikan secara mendetail berbeda dari pelek Fino generasi sebelumnya. Pelek tersebut dirancang untuk menahan ban tubeless yang kini dipakai Fino baru.

"Ukuran peleknya sama-sama 14 inci, cuma ukuran lebarnya yang berbeda, dari 1,4 inci bagian depan jadi 1,85 inci. Bagian belakang dari 1,6 inci jadi 2,5. Peleknya agak beda, karena ini dirancang buat ban tubeless, jadi dia bisa menyangga ban dengan baik," ujarnya.

Kehadiran Fino baru tersebut diklaim bukan hanya sekadar untuk penyegaran produk. Skuter matik ini diharapkan bisa membantu meningkatkan penjualan sepeda motor Yamaha.

Dikatakan oleh General Manager Marketing YIMM, Hendri Wijaya, Fino baru diharapkan bisa terjual lebih banyak dari Yamaha Fino sebelumnya. Hal ini lantaran motor diklaim lebih nyaman saat dikendarai.

"Pasti harapan kami bisa semakin besar penjualannya. Target kami sekitar 14 ribu unit per bulan, dari awal yang biasanya 11 ribu unit. Jadi, nanti semua Fino standarnya pakai ban ukuran baru. Untuk yang lama saat ini di pasaran sudah hampir habis," kata Hendri. (hd)