Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 5 Oktober 2017 | 09:47 WIB
  • Kasus Denis Kancil, Polisi Singgung Peran Orangtua

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Pius Yosep Mali
Kasus Denis Kancil, Polisi Singgung Peran Orangtua
Photo :
  • Youtube
Denis Kancil.

VIVA.co.id – Nama Denis Kancil belakangan ramai jadi perbincangan di lini masa. Bocah ABG berusia 14 tahun ini meninggal setelah mengalami kecelakaan saat menggeber motor 'korekan' di Jalan Manggis, Bojong Nangka, Tangerang.

Saat kejadian, almarhum bersama teman-temannya bermaksud mengetes Yamaha Mio yang sudah dimodifikasi. Sayang, uji coba dilakukan di jalan raya dan akhirnya membuat Denis terlibat benturan dengan kendaraan lain.

Berkaca dari kasus Denis, Kasie Kemitraan Subdit Dikmas Ditkamsel Korlantas Polri, AKBP Aldo Siahaan mengatakan, kegiatan yang dilakukan berkenaan balap jalan raya merupakan tindakan ilegal. Adapun kegiatan balap liar merupakan perbuatan yang bisa merugikan diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya. 

"Bicara soal balap liar, masalah ini dapat ditindaklanjuti hanya dengan kerja sama Polantas bersama pihak sekolah, dan tentunya peran serta orangtua dalam mengawasi anak-anaknya," kata Aldo kepada VIVA.co.id, Kamis 5 Oktober 2017.

Baca juga: Kata-kata Terakhir Denis Kancil Sebelum Ajal Menjemput

Pengendara usia anak-anak maupun remaja, dikatakan Aldo, cenderung memiliki emosi yang belum stabil atau bisa dikatakan masih labil. Mereka belum berpikir risiko yang dihadapi, sehingga masih memerlukan bimbingan, perhatian, dan juga sebenarnya adalah kasih sayang orangtua.

"Orangtua sibuk dengan pekerjaannya, dan terkadang karena merasa bersalah dalam hal kurang memberi perhatian ke anak. Untuk menebus rasa salahnya, orangtua malah memenuhi apa yang anaknya minta, misalnya membelikan motor, padahal si anak belum cukup usia mengendarai motor. Ini contoh yang tidak bijak," kata Aldo.

Diketahui, almarhum Denis Kancil semasa hidup merupakan pembalap drag bike berbakat yang terkenal piawai menggeber ‘kuda besi’. Nama Denis tergolong populer dan terkenal di dunia drag bike

Sederet prestasi sudah digenggamnya, seperti juara 2 kelas matic tune up 200 cc lokal grand final king of battle 2017, juara 1 kelas matic tune up 155 cc grand final king of battle 2017, juara 2 kelas matic 130 cc standar lokal grand final king of battle 2017, dan masih banyak lagi.

Kemampuannya juga cukup diperhitungkan para pembalap senior kendati dia merupakan pendatang baru.

Baca juga: Kronologi Lengkap Kematian Denis Kancil, Joki ABG 14 Tahun