Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 7 Oktober 2017 | 15:37 WIB
  • Olesan Sabun Colek Bikin Rem Tromol Pakem, Mitos atau Fakta?

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono,
    • Yunisa Herawati
Olesan Sabun Colek Bikin Rem Tromol Pakem, Mitos atau Fakta?
Photo :
  • www.welovehonda.com
Rem tromol pada sepeda motor.

VIVA.co.id – Beberapa jenis sepeda motor baru kebanyakan sudah dibekali dengan rem cakram, bahkan teknologi anti-lock braking system atau ABS, Tujuannya agar kualitas pengereman lebih maksimal.

Namun, masih banyak sepeda motor yang menggunakan rem tromol digunakan oleh masyarakat. Seiring usia dan pemakaiannya, kualitas rem tromol akan mengalami penurunan.

Untuk membuatnya kembali pakem, beberapa orang mengoleskan sabun colek pada bagian dalam tromol dan kampas rem. Benarkah hal tersebut bisa membuat rem jadi pakem?

Service Education Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Ferry mengatakan, beberapa grease atau gemuk ada yang terbuat dari sabun.

"Jika sabun dilapisi di sepatu rem (kampas rem), materialnya akan melunak sehingga terasa lebih pakem. Tapi, lapisannya akan cepat terkikis," kata Ferry kepada VIVA.co.id di Jakarta, Sabtu 7 Oktober 2017.

Dia mengatakan, sabun colek yang mengandung air diaplikasikan pada rem tromol akan menimbulkan karat di dalam rumah tromol. Sehingga, penggunaan sabun colek pada rem tromol tak disarankan.

"Dilapisi sabun colek tidak direkomendasikan. Jika penggunaan grease soap bases, tergantung bahan materialnya," ujarnya.

Untuk merawat rem tromol, kata dia, selalu ikuti petunjuk jadwal perawatan berkala sesuai dengan buku petunjuk pemilik.

"Kondisi sepatu rem aus atau tidak bisa dilihat di indikatornya. Indikatornya bisa dilihat di tromol, biasanya ada tanda panah,” tuturnya. (hd)