Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 9 Oktober 2017 | 10:22 WIB
  • Kisah Pemotor Bebek Keliling Indonesia Seorang Diri

  • Oleh
    • Rendra Saputra
Kisah Pemotor Bebek Keliling Indonesia Seorang Diri
Photo :
  • Honda community
Bismo, biker yang keliling Indonesia dengan motor bebek.

VIVA.co.id – Siapa bilang untuk menjelajah banyak wilayah di Tanah Air mesti menggunakan sepeda motor bermesin besar dan harus berjenis sport. Sebab, motor bebek yang satu ini ternyata sudah terbukti melahap berbagai wilayah di Indonesia. 

Ya, Honda Revo tersebut diajak sang empunya Bismo Ananto untuk melakukan perjalanan single touring pada 2012 lalu. Tercatat, kini sudah hampir separuh wilayah Indonesia sudah dijelajah motor keluaran 2010 itu.

Anggota Honda Revo Club (HRC) Jakarta bernomor registrasi 057 itu mengungkapkan, Revo miliknya standaran pabrik. Ia hanya melakukan penambahan aksesori boks untuk menyimpan barang-barang pribadi ketika melakukan single touring.

Motor ini sudah menjelajah Pulau Sumatera, seperti Bengkulu, Palembang, Medan, Aceh dan titik 0 kilometer, Sabang. Sementara Pulau Jawa, hampir sepanjang Pantura dan selatan daerah sudah didatangi, ujung timur Jember dan termasuk Pulau Madura. Begitu juga dengan Pulau Bali, Lombok, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Pada 2016 lalu, Honda Revo ini kembali diuji dengan menjelajah Pulau Kalimantan, di antaranya ke titik Khatulistiwa Pontianak kemudian ke Singkawang dan ke perbatasan Indonesia - Malaysia yaitu Serawak.

Honda Revo milik Bismo kelilingi separuh wilayah Indonesia.

Untuk tahun ini, kurang lebih selama 52 hari Bismo keliling ke Pulau Sulawesi dengan mengambil rute Jakarta, Solo, Surabaya, Makassar, Manado, Kendari dan tiba di Jakarta lagi pada 1 Oktober kemarin.

Ketika berbagi cerita pada saat penyambutan kedatangan di Wisma Wahanaartha, dia mengaku senang dapat melakukan hal ini. "Dengan touring saya bisa ekspresikan diri, kalau kata orang touring, biar awet muda. Biarin orang bilang nekat atau apa, yang penting saya senang bisa touring dengan misi pribadi dan dengan biaya sendiri juga," kata Bisma seperti disitat Honda Community, Senin 9 Oktober 2017.

"Makasih banyak buat all bikers Sulawesi yang sudah kondisikan saya dan terima kasih doa dari semua bikers Indonesia. Alhamdulillah saya sudah sampai di Jakarta lagi dengan selamat," ungkap Bismo.