Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 10 Oktober 2017 | 10:56 WIB
  • Dua Trik Mujarab Atasi Baut Dol pada Motor

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Dian Tami
Dua Trik Mujarab Atasi Baut Dol pada Motor
Photo :
  • Honda Community
Baut mesin.

VIVA.co.id – Sebagian pengendara motor pasti pernah mengalami kejadian ulir baut slek atau dol. Kondisi tersebut tentu menyebalkan. Apalagi jika masalah itu terjadi di bagian mesin. 

Ternyata ada cara cepat dan tepat yang acap dipilih para pencinta otomotif, yakni mengganti baut dengan ulir yang ukurannya lebih besar. Sebagai contoh, apabila ulir sebelumnya halus (ISO Metric) bisa diganti dengan model kasar (Amerika). Versi ISO Metric biasanya menggunakan ukuran milimeter, sementara standar Amerika memakai ukuran inci.

Sebagai contoh, jika baut ukuran 10 mm (ISO Metric) yang dipakai di tutup gir depan slek, bisa diganti baut ukuran 5/16 inci (Amerika). Caranya, masukkan baut kasar ke lubang ulir yang rusak menggunakan kunci ring. Lalu putar perlahan sambil tetesi oli.

Cara kedua, yakni memakai baut yang lebih besar satu tingkat. Misal baut knalpot Tiger yang asli ukurannya 11 mm, ganti dengan 12 mm. Cara ini harus dilakukan di bengkel, karena harus memakai bor listrik untuk memperbesar ukuran ulir. Lalu, buat ulir baru dengan alat pembuat ulir (hand tap). Hand tap diputar bolak-balik sambil ditetesi oli. 

Untuk lubang yang slek dan perlu dikembalikan ke ukuran standarnya, ada dua cara. Pertama memakai recoil thread, ini adalah lilitan ulir di bagian luar dan dalam yang akan dipasang di dalam ulir yang rusak. Pengerjaannya praktis, meski alatnya tak banyak bengkel yang punya. (hd)

“Berguna saat pas balap, kalau ada masalah baut slek bisa dikerjakan dengan cepat dengan recoil,” kata Erwin Oei alias Akiang, mekanik tim Honda Sphinx OEI dari Ciputat, Tangerang Selatan, seperti dilansir Honda Community, Selasa 10 Oktober 2017.

Cara kedua, buat yang ingin hasil rapi seperti aslinya, yakni menutup lubang lama dengan teknik pengelasan babet. Selanjutnya dilubangi dengan bor listrik dan dibikin ulir baru dengan ukuran yang sama dengan ulir lama.