Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 23 Oktober 2017 | 17:40 WIB
  • R25 Terbaru, Yamaha: Tinggal Menunggu Waktu

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Dian Tami
R25 Terbaru, Yamaha: Tinggal Menunggu Waktu
Photo :
  • Shiftinggears
Rendering Yamaha R25 terbaru. Ilustrasi

VIVA – Persaingan sepeda motor sport fairing berkapasitas mesin 250cc belakangan memang semakin sengit. Banyak model yang bersaing di model seperempat liter, seperti Honda CBR250RR, Kawasaki Ninja 250 dan Yamaha R25. Ketiganya tampak saling berlomba untuk menjadi yang pertama dalam hal penjualan dan selalu berlomba memikat perhatian.

Tetapi beberapa waktu terakhir, dari sisi penjualan Yamaha R25 selalu berada di urutan buncit. Trennya pun terus menyusut. Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) di bulan September 2017, motor yang diproduksi di pabrik Yamaha di Pulogadung itu hanya berhasil terjual sebanyak 203 unit.

Terkait hal ini, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selaku agen pemegang merek Yamaha di Tanah Air mengatakan, kompetitornya dapat menjual produk lebih tinggi karena adanya beberapa perubahan untuk motornya. Sehingga, kata dia, pantas saja secara penjualan dapat naik. "Kompetitor keluar terakhir dan sedikit upgrade," kata Eddy singkat saat ditemui di Jakarta Pusat.

Karena itu, Yamaha, kata Eddy, siap melakukan beberapa perubahan untuk motor full fairing-nya tersebut. Namun bukan seperti yang diharapkan para pencinta roda dua selama ini, yakni mayor change. Karena perubahan hanya berkutat pada warna saja alias minor. Sementara perubahan drastis seperti yang banyak didengungkan banyak pihak, belum akan keluar. "Ke depan kami pertimbangkan untuk melakukan semacam colour change," ujarnya.

Meski begitu Eddy enggan berkomentar lebih jauh mengenai waktu dan detail perubahan yang akan diberikan pada salah satu motor andalan Yamaha tersebut. "Tunggu saja waktunya." (ase)