Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 25 Oktober 2017 | 09:33 WIB
  • Skutik Baru Honda Bernama Grazia, Benarkah Penerus Vario?

  • Oleh
    • Rendra Saputra
Skutik Baru Honda Bernama Grazia, Benarkah Penerus Vario?
Photo :
  • Maxabout.com
Honda Grazia.

VIVA – Honda punya produk skuter baru yang mulai ditampilkan ke publik. Motor itu datang dari segmen skuter matik. Di mana, jelang peluncurannya di India, wujudnya sudah bocor dan banyak bertebaran di jagat maya. Menariknya Honda di sana sudah siap membuka keran pemesanan dari motor yang bernama Honda Grazia itu.

Bicara desain, skutik tersebut menampilkan wujud yang berani, meninggalkan kesan konservatif. Garis-garisnya mengguratkan motor berkesan sporty. Lampu depan mengadopsi bentuk cukup menarik, mirip dengan Vario, namun dengan dimensi yang lebih besar.

Sementara tameng bodi bagian depan, hingga spatbor depan dan penutup setang, serta indikator panel informasi, seperti Vario 150. Lalu bodi belakang mulai dari jok hingga buritan, seperti halnya AirBlade yang dipasarkan di Vietnam. Demikian seperti dikutip Maxabout, Rabu 25 Oktober 2017.

Desainnya dianggap cukup mumpuni untuk kebutuhan motor perkotaan, tersedia pula beragam kebutuhan pendukung, seperti kompartemen kecil di bawah dasbor, hingga port pengisian daya seluler. Kompartemen penyimpanan dapat ditutup dengan bantuan penguncian tipe pegas. 

Di sisi kanan, ada kunci kontak dan satu tombol untuk membuka jok. Sedangkan cluster instrument kombinasi dari unit analog dan digital yang bisa menampilkan tingkat bahan bakar, odometer dan pembacaan meter perjalanan. 

Gambar yang beredar menginformasikan Honda Grazia akan menggunakan Honda Eco Technology. Teknologi ini menawarkan pengurangan gesekan, pembakaran yang lebih baik dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Mesinnya berkapasitas 125cc,sama seperti yang digunakan pada Honda Activa 125. Mesin dapat menyemburkan tenaga 8.52 bhp pada 6.500 rpm dan torsi 10,54 newton meter pada 5.000 rpm. 

Bagian suspensi mengandalkan model teleskopik di bagian depan dan shock absorber tunggal di belakang. Peleknya berkelir hitam dan desainnya mirip dengan yang ada di Activa 125. Untuk pengereman, cakram di depan dan tromol di belakang. Tetapi belum diketahui apakah bannya sudah tubeless atau belum.

Karena wujudnya yang agak mirip-mirip, banyak pihak kemudian memprediksi motor ini bisa jadi bakal meneruskan karier Vario. Benarkah? Kita tunggu kabar selanjutnya.