Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 26 Oktober 2017 | 08:14 WIB
  • Enam Motor Baru Dipastikan Siap Sapa Indonesia

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Jeffry Yanto Sudibyo
Enam Motor Baru Dipastikan Siap Sapa Indonesia
Photo :
  • Dok: BMW Group
BMW G 310 GS.

VIVA – Bukan hanya BMW G 310 GS saja yang sudah dipastikan meluncur tahun depan di Tanah Air, BMW Motorrad Indonesia juga akan memboyong sport bike bertenaga buas, yakni BMW HP4 Race.

Selain itu, agen pemegang merek motor asal Jerman ini juga akan meluncurkan banyak produk lainnya.

Meski demikian, pihaknya masih enggan membocorkan detailnya seperti apa. Hal tersebut ditegaskan langsung Chief Executive Officer BMW Motorrad Indonesia, Joe Frans, saat ditemui di Jakarta. Kata dia, yang sudah terlihat jelas itu hanya model murah bermesin 300cc, G 310 GS dan motor bertenaga buas HP4 Race.

"Empat model lain yang masih dirahasikan (untuk tahun depan), tapi ada satu model yang sudah di-publish yaitu HP4 Race. Jadi empat masih belum dikasih tahu gambarannya seperti apa, total ada enam (produk baru) termasuk G 310 GS," ujarnya.

Kata Joe Frans, peluncuran motor-motornya itu akan memanfaatkan dua pameran otomotif terbesar di Tanah Air pada 2018 mendatang yaitu di Indonesia International Motor Show (IIMS) dan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). "Waktu peluncuran pasti ketebak, kita tunggu, kan kebaca sudah (IIMS dan GIIAS) dunia otomotif kan itu-itu saja," sambungnya.

Seperti diketahui, di Amerika Serikat HP4 Race ini dibanderol mulai dari US$78 ribu atau setara Rp1,05 miliar. Dengan menggendong mesin empat silinder berkapasitas 999cc, sport bike ini sudah didukung knalpot racing full sistem Akrapovic. Sehingga dapat memuntahkan tenaga maksimal hingga 215 daya kuda di 13.900 rpm dan torsi maksimum 120 newton meter di 10.000 rpm.

Bukan hanya itu, untuk mendukung tenaga buas yang dihasilkannya, pada sektor kaki-kaki juga sudah disesuaikan dengan suspensi depan upside down Ohlins dan sokbreaker belakang Ohlins yang dapat diatur secara elektrik untuk tingkat kekerasan dan tinggi rendahnya. Selain itu, swing arm dan pelek racing terbuat dari karbon.

Sementara motor termurah BMW, G 310 S akan dibenamkan mesin 313cc, satu silinder, yang mampu menghasilkan tenaga 34 BHP dan torsi 28 newton meter. Mesin ini sama seperti yang digunakan pada model G 310 R. Di Indonesia, BMW G 310 R dijual dengan banderol Rp107,5 juta on the road Jakarta.

Terbilang murah, lantaran motor itu merupakan hasil kreasi BMW dengan TVS. Sehingga harga motor itu tentu jauh berbeda dengan motor-motor yang dipasarkan BMW selama ini. Lalu berapa harga G 310 GS? Kita tunggu kabar selanjutnya.