Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 26 Oktober 2017 | 09:38 WIB
  • Duel Motor Canggih Honda dan Yamaha di Tokyo Motor Show

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono,
    • Yunisa Herawati
Duel Motor Canggih Honda dan Yamaha di Tokyo Motor Show
Photo :
  • Rushlane
Honda Riding Assist-e.

VIVA – Selain mobil-mobil terbaru, pameran Tokyo Motor Show yang saat ini digelar di Jepang juga memamerkan beberapa motor konsep. Dua motor konsep yang menarik perhatian pengunjung ada di stan Honda dan Yamaha. Keduanya memamerkan motor masa depan yang dibekali dengan teknologi canggih.

Melalui keterangan resminya, Honda memajang Riding Assist-e di TMS 2017. Yang canggih dari motor ini adalah kemampuannya untuk menyeimbangkan diri sendiri.

Teknologi ini memungkinkan motor berdiri tegak tanpa perlu ada pengendara di atasnya, atau standar. Untuk bisa melakukan itu, Honda memasang berbagai sensor canggih yang selalu aktif memantau keseimbangan motor.

Yamaha juga tidak mau kalah. Dilansir dari Gearheads, Kamis 26 Oktober 2017, mereka memiliki teknologi serupa yang diberi nama Motoroids. Motor konsep ini dibuat seolah-olah memiliki kecerdasan.

Sama seperti Honda, Yamaha juga menyematkan fitur keseimbangan otomatis. Uniknya, Motoroids dan juga Riding Assist-e bisa dipanggil oleh pemiliknya. Jadi, Yamaha membuat Motoroids seperti sebuah robot yang bisa dipanggil kapan saja, dan akan menuju lokasi yang diinstruksikan secara otomatis.

Yamaha Motoroids.

Sayangnya, kedua motor ini hanya berupa konsep. Baik Honda maupun Yamaha belum memiliki rencana untuk memproduksi motor tersebut secara massal.

Dua motor konsep ini hanya dipajang untuk menunjukkan pada para pengunjung bagaimana Honda dan Yamaha membuat kemajuan besar dalam hal pengembangan teknologi otomotif. (ren)