Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 31 Oktober 2017 | 11:18 WIB
  • Suzuki Indonesia Mau Ikutan Bikin Motor Listrik

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Yunisa Herawati
Suzuki Indonesia Mau Ikutan Bikin Motor Listrik
Photo :
  • Carscoops
Logo Suzuki.

VIVA – Memasuki era kendaraan bertenaga listrik, beberapa produsen kendaraan roda dua berlomba-lomba bisa menghadirkan sepeda motor listrik di Indonesia. Pada beberapa waktu lalu, PT Astra Honda Motor melakukan uji coba terhadap motor listriknya yakni Honda EV Neo bersama Kementerian Perhubungan.

Tak hanya Honda, Yamaha Indonesia juga dikabarkan sedang menjajaki pasar motor listrik di Indonesia. Suzuki divisi roda juga tak mau ketinggalan, ingin meramaikan pasar motor listrik. 

Menurut Kepala Departemen Penjualan dan Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales divisi roda dua, Yohan Yahya, motor listrik menjadi perhatian bagi pangsa pasarnya saat ini. Apalagi pemerintah bakal membuat kebijakan perihal kendaraan rendah emisi.

"Motor listrik menjadi perhatian bagi kami untuk mengembangkannya," kata Yohan kepada VIVA, di Jakarta, Selasa 31 Oktober 2017.

Kendati demikian, ada beberapa hal penting yang menjadi pertimbangan pabrikannya. Pertama, yakni mengenai keamanan dan limbah baterai, kedua yaitu perihal ketersediaan infrastruktur.

"Kami harus berhati-hati dalam memasarkan motor listrik, karena risiko akibat baterai yang tidak bagus dan sangat berbahaya. Itu yang menjadi konsen kami di samping itu limbah baterai juga kami pikir mau dikemanakan," ujarnya.

Namun, pada akhirnya, jika permasalahan tersebut telah ditemukan solusinya maka perusahaannya siap untuk memasarkan motor listrik di Indonesia. Terlebih bila regulasi terkait kendaraan listrik dari pemerintah sudah terang benderang. "Pada intinya kami siap hadirkan motor listrik," kata Yohan. (ren)