Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 31 Oktober 2017 | 12:05 WIB
  • Yamaha Mulai Kembangkan Motor dengan Kecerdasan Buatan

  • Oleh
    • Rendra Saputra
Yamaha Mulai Kembangkan Motor dengan Kecerdasan Buatan
Photo :
  • Yamaha
Yamaha Motoroid Concept.

VIVA – Industri otomotif belakangan mulai mengembangkan produknya dengan berpendekatan pada Artificial Intelegent (AI), alias kecerdasan buatan. Ini penting bagi mereka untuk menjaga semacam relevansi di pasar otomotif, agar tetap menjadi pilihan menarik bagi konsumen dan melanggengkan bisnisnya.

AI digunakan untuk memperbaiki pengalaman berkendara, kendati hingga kini belum ada merek yang menyampaikan bagaimana motor yang dibenamkan sebuah kecerdasan buatan akan lebih baik atau bahkan bekerja lebih baik dari motor konvensional yang beredar di pasaran.

Namun, Yamaha nampak melompat jauh dengan konsep Motoroid-nya, yang digadang-gadang membawa AI dan dibekali dengan teknologi jangka panjangnya. Untuk penerapan kecerdasan buatan pada sepeda motor, Yamaha berencana menggunakan AI untuk menafsirkan sinyal dan tindakan pengendara, guna mengendalikan platform sepeda motor. Demikian seperti dilansir Asphaltandrubber, Selasa 31 Oktober 2017.

Artinya, seseorang dapat memperkirakan bagaimana AI dapat mulai mempelajari kebutuhan pengendara di jalan, bahkan hingga parkir. Dalam video pendek di bawah ini, Yamaha menjelaskan beberapa fitur dari konsep Motoroid, sebut saja self-balancing actuation, electric drivetrain, dan haptic feedback systems.

Teknologi self-balancing diklaim benar-benar sangat diperhatikan Yamaha. Ini disebut Active Mass Center Control System (AMCES), dan tidak seperti unit Honda yang menggerakkan roda depan motor untuk menyeimbangkannya. Sementara AMCES menggunakan roda belakang dan sasis untuk menjaga agar motor tetap pada keseimbangan. Motor ini dibekali desain sasis yang unik, dan Yamaha menggunakan baterai lithium-ion di Motoroid sebagai pengimbangnya.

Lihat videonya di bawah ini: