Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 31 Oktober 2017 | 14:55 WIB
  • Motor yang Wakili Indonesia di Kontes Modif Jepang

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Jeffry Yanto Sudibyo
Motor yang Wakili Indonesia di Kontes Modif Jepang
Photo :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto
Harley Daividson Crossbone dengan ukiran Jawa.

VIVA – Sebuah Harley Davidson Crossbone modifikasi lansiran 2009, tampak mentereng dengan hadirnya nuansa Indonesia di motor tersebut. Sang pemilik, Ariawan, yang juga dikenal sebagai builder Custom Concept Industries (CCI), mengubah beberapa komponen penting, seperti cover head engine, tromol depan- belakang, sampai lampu depan dengan balutan ukiran Jawa.

Karena keistimewaannya itu pula, motor yang menggabungkan unsur kustom board tracker dan bobber ini menjadi salah satu motor racikan anak bangsa yang dipilih mewakili Indonesia untuk dibawa ke Yokohama Hot Rod Custom Show di Jepang, pada Desember 2017 mendatang.

“Motor ini dipilih Kustomfest, karena dapat mewakili identitas etnik Indonesia. Kesulitan dari proses kustom bukan hanya di ukiran saja, namun mengkomposisikan bentuk dan ergonomisnya, karena Crosbone gaya touring, tetapi kita bikin totalitas bobber,” ujarnya kepada VIVA.

Meski konteksnya berubah total, namun komponen bawaan pabrik masih tetap dipertahankan, seperti rangka, mesin dan tempat oli. “Rangka juga ada beberapa sudah dipotong di bagian belakang dan sisanya kita bikin, shockbreaker depan original, cuma lebih maju hampir delapan derajat ke depan,” tuturnya.

Keistimewaan lainnya dari motor ini adalah tidak terlihat adanya kabel kopling, rem dan kabel kelistrikan, karena semua sengaja dimasukkan ke dalam setang dan frame. Menurutnya, biasanya motor kustom beraliran board tracker atau bobber itu tidak memperhatikan kerapihan kabel-kabelnya.

“Sebenarnya motor ini board tracker bobber bergaya modern, karena dikombinasikan juga dengan aksesori asal Amerika Serikat PM (Performance Machine). Untuk knalpot buatan anak bangsa dari R9 Project, spesial order dari titanium dan baru pertama kali Harley pakai knalpot bahan titanium,” tuturnya.

Data modifikasi

Master rem: PM
Master kopling: Hidrolik PM
Switch control: PM
Handle bar: Drag bar
Velg depan: 3.5x16
Velg belakang: 3.5x16
Ban depan: Shinko 500-16
Ban belakang: Shinko 500-16
Custom rake 
Pulley: PM
Open belt: Ultima
Footstep forward: Control CNC
Knalpot: R9 Racing project (titanium)
Kaliper depan: PM
Kaliper belakang: PM
Disk depan: PM
Disk belakang: PM
Tutup tangki: Custom
Body: Full custom
Hand grip: RSD
Speedometer: Logitech
Head light: Custom
Jok: Leather custom
Bengkel: Custom Concept Industries.