Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 1 November 2017 | 11:30 WIB
  • Kehadiran Motor Retro Baru Kawasaki ke Indonesia Bukan Rumor

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Dian Tami
Kehadiran Motor Retro Baru Kawasaki ke Indonesia Bukan Rumor
Photo :
  • financialexpress
Kawasaki Z900RS

VIVA – Dunia otomotif roda dua sepertinya makin menarik beberapa tahun belakangan. Sebab banyak merek yang terus menawarkan produk berdesain retro. Yang lumayan eksis adalah Royal Enfield, lalu bergeser ke Triumph dengan Bonneville dan Truxton-nya, lalu ada BMW R Nine T, Moto Guzzi dan Norton.

Bahkan gempita motor modern berdesain retro juga menular hingga ke Ducati, serta jenama-jenama Jepang: Honda, Yamaha, dan kini Kawasaki. Ya, Kawasaki masuk dalam radar. Perusahaan yang akrab dengan kelir hijau itu tak lama lagi merilis Z900RS di Indonesia.

Sebelumnya Kawasaki memang sudah menjual sportbike retro seperti W800 dan Estrella. Melihat penjualannya positif, genre retro sport modern kemudian kembali dilirik karena dianggap jadi ladang menggiurkan bagi Kawasaki. Kini giliran Z900RS lah yang bersiap mencari peruntungannya.

Deputy Head Sales and Promotion Division Kawasaki Motor Indonesia, Michael Chandra Tanadhi, mengatakan rencana debut Z900RS memang bukan isapan jempol semata. Namun berbagai langkah sudah diupayakan pihaknya untuk memboyong motor pabrikan Jepang tersebut ke Indonesia.

"Kami sampai saat ini masih studi untuk Z900RS. Kami masih melakukan pembicaraan dengan KHI (Kawasaki Heavy Industries, Ltd)," kata Michael kepada VIVA.

Dikatakan Michael, Z900 --motor model lainnya yang bukan retro-- merupakan moge andalan Kawasaki di Tanah Air. Atas hal ini pula yang membuat pihaknya memiliki keinginan untuk menghadirkan versi retronya. "Sekarang Z900 inden satu bulan. Untuk moge Kawasaki, Z900 merupakan motor andalan kami. Harga sampai saat ini belum ada perubahan, masih sama pada saat launching," ujarnya.

Meski desian berbeda, Z900RS akan dibekali mesin yang sama dengan Z900, yakni dapur pacu berkapasitas 948cc, empat stroke, berpendingin cairan. Kawasaki percaya, Z900RS bakal menjadi sepeda motor retro yang memiliki performa luar biasa dan paling tinggi ketimbang sepeda motor retro lainnya.