Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 2 November 2017 | 09:48 WIB
  • Bakalan Tren, Pemerintah Siapkan Standardisasi Motor Listrik

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Pius Yosep Mali
Bakalan Tren, Pemerintah Siapkan Standardisasi Motor Listrik
Photo :
  • Morebikes.co.uk
Motor listrik konsep rancangan Yamaha.

VIVA – Produsen sepeda motor kini mulai berlomba menghadirkan kendaraan masa depan bertenaga listrik. Di Indonesia, tren penggunaan sepeda motor listrik diperkirakan juga akan terjadi.

Hal ini bisa dilihat dari langkah agen pemegang merek (APM) sepeda motor yang mulai melakukan uji coba. Bahkan, PT Triangle Motorindo sebagai agen resmi motor Viar di Tanah Air, sudah 'nekat' menjual produk skuter listrik Q1 ke konsumen.

Melihat makin berkembangnya motor listrik, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian (Kemenperin), I Gusti Putu Suryawirawan, mengatakan pemerintah akan mengatur standardisasi untuk sepeda motor listrik yang dipasarkan di Indonesia

"Agar kendaraan yang sangat luas penggunaannya ini dapat dipergunakan dengan aman dan lebih nyaman," kata Putu di Jakarta.

Terkait dengan standar tersebut, dikatakan Putu, akan dilakukan bersama dengan beberapa instansi seperti Badan Standardisasi Nasional, LIPI, dan juga BPPT. Standardisasi untuk sepeda motor listrik, dikatakan Putu, merupakan adopsi dari standar global yang disesuaikan dengan kondisi di Tanah Air.

"Kami sedang mengembangkan beberapa standar, memang bukan baru, tetapi kami adopsi dari International Electrotechnical Commission (IEC) di Eropa," ujar Putu.

Standardisasi yang diadopsi dari IEC terkait dengan penggunaan baterai pada sepeda motor listrik. Terkait baterai, ada standardisasi dari IEC 62660-1 dan IEC 62660-2, sehingga tidak perlu menginventaris data sendiri untuk penggunaan baterai sepeda motor listrik yang baik dan benar.

"Enggak usah dicari sendiri, mereka lebih maju, kami tinggal lakukan assessment, terjemahan ke Bahasa Indonesia, kita adopsi dan disahkan sebagai satu standar," ujarnya.

Sementara standardisasi terkait keselamatan dalam sepeda motor listrik, kata Putu, akan mengacu pada standar ISO 13063 dan beberapa standar internasional lainnya yang memungkinkan untuk diadopsi. "Nah sekarang bagaimana pemerintah memfasilitasi supaya barang yang beredar di pasaran nantinya merupakan produk yang aman," kata Putu. (ren)