Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 4 November 2017 | 11:51 WIB
  • Yamaha Bakal 'Setrum' Nmax?

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono,
    • Yunisa Herawati
Yamaha Bakal 'Setrum' Nmax?
Photo :
  • VIVA/Dian Tami
Yamaha NMax

VIVA – Era motor listrik sudah dimulai di Indonesia. Setelah Viar resmi menjual motor listrik Q1, kini giliran Honda dan Yamaha yang mulai menguji coba motor listrik rancangan mereka di Tanah Air.

Pada pameran Tokyo Motor Show 2017 yang saat ini masih berlangsung di Jepang, Honda memamerkan versi listrik dari skuter matik bongsor andalan mereka, PCX.

Astra Honda Motor sebagai pemegang merek motor Honda di Tanah Air menyebutkan bahwa mereka bakal menghadirkan motor tersebut di Indonesia. Namun, belum diketahui apakah penggeraknya memakai motor listrik atau mesin bensin.

Deputy General Manager Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Eddy Ang mengaku sampai saat ini, belum mengetahui apa yang akan disiapkan YIMM untuk melawan Honda PCX listrik di Indonesia.

Sebab, produksi PCX di Indonesia belum dilakukan pabrikan Honda. Sehingga, kata dia, pihaknya menunggu keputusan resmi dari pesaingnya itu.

"PCX kan katanya diproduksi di sini, tetapi saya tidak tahu nanti yang diproduksi modelnya atau sistem pembakarannya konvensional, listrik atau hibrida. Klarifikasi dulu," kata Eddy di Jakarta.

Dia pun enggan mengungkapkan perihal peluang Nmax untuk dikonversikan menjadi bertenaga listrik. Sejauh ini, kata dia, pihaknya masih fokus pada tes pasar motor listrik di Indonesia.

Untuk motor listrik Yamaha yang berpeluang masuk di Indonesia, dia pun enggan berkomentar. Diketahui, saat ini YIMM menguji coba E-Vino dengan menggandeng beberapa mitra.

"Model yang mana akan kami luncurkan, masih uji coba. Belum tentu E-Vino, tergantung selera pasar. Siapa tahu setahun dua tahun ke depan pasar berubah," kata dia.