Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 8 November 2017 | 11:44 WIB
  • Bikers Cocoknya Minum Kopi Pahit, Ini Alasannya

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono,
    • Yunisa Herawati
Bikers Cocoknya Minum Kopi Pahit, Ini Alasannya
Photo :
  • Pixabay/Pexels
Ilustrasi motor dan kopi.

VIVA – Kopi termasuk salah satu minuman yang memiliki banyak penggemar. Bagi pencinta kopi, satu cangkir di pagi hari adalah hal yang wajib.

Apalagi untuk para pengendara motor atau bikers. Tak lengkap rasanya, jika hari-hari tak diisi dengan meminum kopi. Apalagi, minuman ini menjadi salah satu simbol pergaulan bagi beberapa kalangan.

Pakar gizi dari Institut Pertanian Bogor, Hardinsyah mengatakan mengonsumsi kopi memiliki manfaat bagi para bikers, yakni menunda rasa kantuk.

"Salah satu manfaat kopi adalah memicu aliran dan tekanan darah, menghangatkan tubuh serta menunda rasa ngantuk. Karena itu, baik bagi orang yang hipertensi (penyakit darah tinggi)," kata Hardinsyah kepada VIVA.

Namun, dia tak menyarankan bila bikers mengonsumsi kopi dalam jumlah banyak. Selain kopi, bikers juga sering mengombinasikannya dengan merokok.

"Enggak baik kalau monoton kopi saja. Apalagi bila menderita maag. Bisa tambah parah, nanti bawa kendaraannya enggak konsentrasi," ujarnya.

Kata Hardinsyah, ada aturan minum kopi bagi para bikers, terutama bagi mereka yang memiliki masalah pada lambung.

"Bila tubuh sensitif kopi, yaitu meningkatkan detak jantung dan tekanan darah tidak normal, sebaiknya hindari," tuturnya.

Guru Besar di IPB itu menyarankan, batasi mengonsumsi atau minum kopi, yakni satu sampai dua cangkir sehari.

"Pilih jenis kopi yang sesuai atau cocok di perut. Batasi penggunaan tambahan gula pada kopi. Bila suka kopi pahit, lebih baik," kata dia.

Terpisah, ahli gizi Marya Warascesaria Haryono menyarankan, sebaiknya pengendara mengonsumsi kopi secukupnya. Sebab, kandungan kopi bersifat diuresis, sehingga menjadikan pengendara sering berkemih atau buang air kecil.