Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 8 November 2017 | 13:00 WIB
  • Bertambah Lagi Pilihan Skuter Matik Bongsor di Indonesia

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Jeffry Yanto Sudibyo
Bertambah Lagi Pilihan Skuter Matik Bongsor di Indonesia
Photo :
  • BMW
BMW C400X yang siap dirilis di Indonesia.

VIVA – Demam skuter matik yang terus melanda Tanah Air rupanya dicermati masak-masak perusahaan otomotif premium BMW Motorrad. Pabrikan yang bermarkas di Jerman itu tak lama lagi akan memboyong BMW C400X ke Indonesia. Proyeksinya akan dilakukan tahun depan.

Debut tahun depan akan dilakukan bersamaan dengan lima produk terbaru BMW Motorrad lainnya, di antaranya G310GS dan HP4 Race. C400X sendiri saat ini tengah dipamerkan di ajang EICMA 2017, Milan, Italia, di mana sebagai skuter pelengkap jajaran yang sudah ada sebelumnya seperti C600 Sport dan C650GT.

“Skuter itu (BMW C400X) rencana (masuk) semester kedua tahun 2018, barengan sama produk-produk kami yang akan meluncur di tahun depan,” ujar Chief Executive Officer BMW Motorrad Indonesia, Joe Frans kepada VIVA, Rabu 8 November 2017.

Kata Joe, untuk ketersediaan unit C400X masih belum bisa dipastikan. Namun bagi konsumen yang sudah tertarik dengan skuter ini bisa melakukan pemesanan. “Sah-sah saja kalau ada yang mau pesan, cuma kita harga belum bisa final. Kalau sampai sini, head to head enggak ada, dia main sendirian,” tuturnya.

Secara desain, tampilan C400X ini memang terlihat lebih ramping dari model skuter BMW yang sudah ada sebelumnya. Untuk rangka, BMW mengandalkan baja jenis tubular, suspensi depan masih teleskopik belum upside down. Tapi, swingarm diklaim dapat menahan getaran dengan baik.

Urusan dapur pacu, skutik ini memiliki mesin satu silinder kapasitas 350 cc yang dapat menyemburkan tenaga 34,4 daya kuda di 7.500 rpm dan torsi maksimum 35 newton meter di 6.000 rpm. Seperti skuter pada umumnya, mesin dikawinkan dengan transmisi otomatis CVT (Continuous Variable Transmission).

Sementara fitur-fitur yang ditawarkan, selain electronic fuel injection, digital engine control, BMW masih mempertahankan fitur andalannya ASC (Automatic Stability Control) untuk mengatur tenaga pada kedua rodanya dan pengereman sudah ABS depan belakang.