Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 8 November 2017 | 16:21 WIB
  • Adu Hebat Motor Robot Honda Vs Yamaha, Mana Paling Canggih?

  • Oleh
    • Rendra Saputra
Adu Hebat Motor Robot Honda Vs Yamaha, Mana Paling Canggih?
Photo :
  • Yamaha
Yamaha Motoroid Concept.

VIVA – Belakangan ini industri otomotif terus mengembangkan produknya dengan pendekatan pada Artificial Intelegent (AI), alias kecerdasan buatan. Lakon ini penting bagi mereka untuk menjaga relevansi di pasar otomotif, sekaligus upaya agar tetap menjadi pilihan menarik bagi konsumen serta melanggengkan bisnisnya.

Tokyo Motor Show 2017 menjadi ajang pembuktian dua seteru abadi Honda dan Yamaha. Kedua jenama asal Jepang itu masing-masing memamerkan teknologi motor pintar yang terinspirasi dari robot. Dua motor itu bahkan tak bisa jatuh, dan bisa jalan sendiri. Mengerikan bukan?

Ya, Honda Motor membekali motor canggihnya dengan sistem self-balancing. Motor yang hingga kini masih terus dalam tahap pengembangan itu digadang-gadang sebagai contoh sebuah sepeda motor di masa depan.

Seperti dilansir Asphaltandrubber, Honda menyebut teknologi anyar yang dibenamkan pada motor itu adalah Honda Riding Assist-e. Teknologi itu memungkinkan motor dapat berjalan sendiri dan berdiri tegak tanpa bisa jatuh. Padahal tak ada penyangga, baik itu kaki maupun standar sepeda motor.

Sistem keseimbangan motor Honda

Honda Riding Assist-e. Foto: Nikkei

Big Red memang tak menyebut secara terperinci, kapan teknologi itu akan mulai siap diterapkan pada motor-motornya. Namun langkah perusahaan berlogo sayap mengepak itu untuk memamerkan teknologi kontrol penyeimbang cukup diapresiasi banyak pihak.

Sesuai embel-embel "e" di nama itu, dipastikan motor yang bakal dipamerkan menggunakan teknologi demikian berpenggerak listrik.

Motor bakal tegak lurus tanpa jatuh dengan hanya menggerakkan roda depan sebagai penyeimbang. Ini tentu tidak berbeda dengan konsep Honda Riding Assist yang dipamerkan awal tahun ini.

Motor Honda yang dapat berdiri tegak bakal dipamerkan di Tokyo Motor Show.

Honda Riding Assist-e. Foto: Asphaltandrubber

Yang menarik bukan saja tentang motornya, namun teknologinya, bagaimana Honda bisa mengaplikasikannya pada sebuah sepeda motor hingga tak bisa jatuh dan seimbang.

"Teknologi ini akan membuat orang lebih menikmati mengendarai sepeda motor," kata Makoto Araki seorang insinyur di Motorcycle R&D Center, Honda.

Selanjutnya >>> Bagaimana motor Yamaha?