Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 9 November 2017 | 16:17 WIB
  • Ngecat Bodi Motor Skutik di Pinggir Jalan, Ini Biayanya

  • Oleh
    • Rendra Saputra,
    • Yunisa Herawati
Ngecat Bodi Motor Skutik di Pinggir Jalan, Ini Biayanya
Photo :
  • Istimewa
Scoopy berkelir biru.

VIVA – Kondisi kemacetan yang terjadi di Ibu kota, kerap membuat pengguna sepeda motor bersinggungan dengan kendaraan lain. Tak jarang, goresan pun ditemukan pada bodi maupun bumper sang kuda besi.

Goresan yang ada di motor, tentu tak sedap dipandang mata, sebagian pengguna membawa tunggangannya itu ke bengkel cat motor. Baik di bengkel, resmi maupun di bengkel cat umum yang kerap ditemui di pinggir jalan.

Selama ini, bengkel cat duco lebih diketahui hanya melayani untuk mobil. Padahal, bengkel cat duco yang sering ditemukan di pinggir jalan, juga melayani pengecatan motor. Hal ini bisa jadi pilihan bagi pemotor yang punya dana terbatas.

Pemilik bengkel cat duco di Salemba, Jakarta Pusat, Beok mengatakan, untuk pengecatan full body motor dikenakan biaya sekitar Rp800 ribu. Sementara untuk per panel dibanderol sekitar Rp300 ribu.

"Buat motor matik dan sport sama saja sih, segitu harganya kalau full body Rp800 (ribu). Pengerjaannya bisa sehari selesai kalau panas," ujarnya kepada VIVA, Kamis 9 November 2017.

Sementara pemilik bengkel Abay Custom Jalan Mesjid Akbar, Jakarta Timur, Abay mengatakan, biaya pengecatan motor di tempatnya dipatok Rp900 ribu untuk full body. Sementara per panel dibanderol Rp200 ribu.

"Tergantung warna jenis motor sama kondisi kerusakan. Pengerjaan untuk full set bodi motor satu minggu minimal tergantung list antrean. Karena, kami perlu bahan dan tenaga ekstra," katanya.

Adapun proses pengecatannya kata dia, pertama yakni membongkar bodi motor yang ingin dicat. Setelah itu lanjut dengan pengamplasan awal bodi yang ingin dicat sampai rata. "Sudah diamplas rata naik cat dasar atau poksi. Tunggu hingga benar-benar kering maksimal. Terus, panel-panel yang habis kita poksi amplas rata," tuturnya.

Setelah di amplas rata warna dasarnya baru melanjutkan cat warna inti yang diinginkan dan tunggu sampai kering. "Setelah warna inti, kering baru naik ke pernis beberapa lapis, jeda pelapis antara dua menit tergantung clear, atau pernis yang kita pakai, hingga rata dan sesuai apa menurut kita sudah cukup mengkilap," ujarnya.