Kawasaki dan Suzuki Indonesia Kembali Mendapat Cobaan

Suzuki GSX-R150 produksi Indonesia.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

VIVA – Industri sepeda motor mulai menunjukkan tren positif. Hal ini merujuk data penjualan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia per Oktober 2017. Pada bulan tersebut, penjualan motor mencapai 579.552 unit.

Siap-Siap Kawasaki Sedang Menyiapkan Pakai Mesin 4 Silinder Baru

Angka tersebut naik enam persen dibanding bulan sebelumnya yang hanya mencapai 546.607 unit. Kenaikan penjualan secara domestik ditopang larisnya penjualan beberapa produsen motor.

Pabrikan motor Honda saat ini memimpin pasar kendaraan roda dua di Tanah Air. Penjualan motor oleh perusahaan berlogo sayap mengepak itu pada bulan kemarin mencapai 436.974 unit. Naik dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 408.116 unit.

Moge Termurah Triumph Siap Jegal Honda dan Kawasaki di Indonesia

Kenaikan penjualan motor juga dialami oleh pabrikan Yamaha Indonesia. Perusahaan berlogo garpu tala itu mampu menjual sekitar 129.636 unit di dalam negeri, meningkat dari 124.360 unit di bulan sebelumnya.

Penjualan motor TVS juga mengalami kenaikan. Meski jumlahnya relatif kecil, namun pabrikan ini mengalami peningkatan penjualan, yakni dari 84 unit menjadi 112 unit. Kenaikan ditopang oleh produk skuter DZ 110.

Motor Gagah Terbaru Resmi Mengaspal di Indonesia

Sayangnya, tidak semua pabrikan bisa merasakan kenaikan penjualan. Kawasaki harus rela menelan pil pahit, karena penjualan motornya mengalami penurunan.

Pabrikan ini hanya menjual 6.658 unit secara domestik di Oktober. Jumlah ini menurun dibanding September, yakni 7.224 unit.

Kawasaki tak sendirian, penjualan Suzuki roda dua juga mengalami penurunan. Yakni dari 6.279 unit menjadi 6.172 unit motor di dalam negeri. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya