Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 14 November 2017 | 18:23 WIB
  • Vespa Listrik Mulai Beredar Tahun Depan

  • Oleh
    • Hadi Suprapto,
    • Yunisa Herawati
Vespa Listrik Mulai Beredar Tahun Depan
Photo :
  • motorcycle.com
Fly50, salah satu produk Piaggio. Mulai tahun 2018, Piaggio akan memproduksi Vespa listrik.

VIVA – Memasuki era kendaraan listrik, sejumlah produsen roda dua berlomba-lomba menghadirkan motor listrik kepada para pencinta kuda besi di berbagai di belahan dunia.

Tak mau ketinggalan, perusahaan sepeda motor asal Italia Piaggio memperkenalkan skuter listrik terbarunya yang bernama Vespa Elettrica di pameran otomotif EICMA, Milan, Italia.

Sebenarnya skuter listrik Vespa Elettrica ini telah diperkenalkan tahun lalu sebagai skuter listrik konsep. Namun Piaggio mengungkap kembali skuter listrik yang siap menyita perhatian pencinta Vespa.

Seperti dilansir Drivespark, Selasa, 14 November 2017,  Piaggio menawarkan  dua mode berkendara pada Vespa Elettrica yakni mode ECO dan Power.

Mode ECO, menawarkan pengiriman daya linier dan kecepatan tertinggi yang  dibatasi hingga 30 km/jam. Sedangkan mode Power menawarkan percepatan penuh.

Skuter listrik ini didukung oleh baterai lithium ion yang bisa diisi hanya dalam jangka waktu empat jam. Skuter ini juga dilengkapi pengereman regeneratif yang akan mengisi baterai saat pengereman.

Vespa Elettrica didukung oleh motor listrik dengan daya puncak sebesar 5.2 bhp dan 2.6 bhp. Piaggio mengklaim skuter itu bisa memberikan performa superior yang setara dengan skuter konvensional 50cc.

Vespa Elettrica ditawarkan dalam dua varian yakni varian standar dan X. Untuk varian standar, skuter ini mampu melampaui daya jelajah hingga 100 kilometer sedangkan varian X memiliki daya jelajah hingga 200 kilometer.

Vespa Elettrica varian X juga dilengkapi dengan mesin generator, sehingga motor ini memiliki tangki bahan bakar untuk menampung bahan bakar minyak. Sebab jika hanya mengandalkan baterai jarak tempuh yang akan dilalui hanya 48 kilometer.

Mesin generator itu secara otomatis bisa aktif saat tingkat baterai menurun atau dapat diaktifkan secara manual oleh pengguna. Sehingga baterai yang digunakan diklaim mampu bertahan hingga 1.000 siklus pengisian penuh.

Untuk fiturnya, Elettrica juga dilengkapi lampu LED, display cluster instrumen TFT, di bawah tempat penyimpanan kursi, soket USB, roda depan 12 inci dan roda belakang 11 inci. Skuter itu disebut akan memasuki masa produksi pada Maret 2018 mendatang.