Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 15 November 2017 | 14:37 WIB
  • Menjajal Motor Trail 150cc Terbaru Honda di Bandung

  • Oleh
    • Hadi Suprapto,
    • Rendra Saputra
Menjajal Motor Trail 150cc Terbaru Honda di Bandung
Photo :
  • VIVA.co.id/Rendra Saputra
Menjajal motor All New Honda CRF150L di Bandung

VIVA – Setelah secara resmi meluncur perdana di dunia, kini giliran All New Honda CRF150L dicoba di berbagai medan menantang di Bandung, Jawa Barat. CRF150L merupakan produk terbaru yang diplot sebagai motor trail entry-level Astra Honda Motor dengan harga jual Rp31,8 juta on the road Jakarta.

Sebanyak 20 media diberi kesempatan menjajal performa motor penggaruk tanah ini. Jalur yang dilalui pun cukup menantang, karena melibas berbagai medan; mulai dari jalanan perdesaan, off-road di atas tanah, jalan berbatuan, hingga melaju di atas aspal jalan raya. Total jaraknya sejauh 50 kilometer.

Touring dimulai dari Armor Cafe menuju Bukit Moko sejauh tujuh  kilometer dengan suguhan jalanan perdesaan yang berujung pada jalanan tanah sebagai pembuka keseruan berkendara off-road. Rombongan lalu berhenti sejenak di Bukit Moko sembari menikmati keindahan pemandangan alam Bandung.

Selepas dari Bukit Moko, para rider kemudian dihadapkan pada jalanan dengan tekstur tanah gembur sejauh 29 kilometer. Jalanan ini hanya bisa dilewati motor dan tentu sangat menantang untuk menguji handling Honda CRF150L. Selingan jalur berbatuan juga sekaligus jadi ajang pembuktian seberapa nyaman suspensi upside down dari Showayang ditanam pada motor berbasis mesin Verza tersebut.

Trek selanjutnya yakni jalur on road sepanjang 14 kilometer, sekaligus menutup rangkaian touring. Jalur ini juga penting untuk menjadi catatan, sebagai gambaran seberapa sempurna bila CRF150L digunakan di atas aspal jalan raya.

Menurut Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin, yang juga ikut dalam rombongan touring, medan yang dilalui sangat seru dan menantang.

"All New Honda CRF150L mampu menjawab segala tantangan kondisi jalan yang dihadirkan. Saya yakin para pencinta petualang juga akan merasakan sensasi berkendara yang sama saat menjelajah mengendarai motor ini," kata dia, Rabu, 15 November 2017.

Honda CRF150L merupakan motor yang ditanamkan mesin 150cc SOHC air cooled PGM-FI. Tenaga maksimum yang dihasilkan yakni 9,51 kW (12,91 PS) pada 8000 rpm dan torsi maksimum 12,43 newton meter. Selain menawarkan torsi mrnjanjikan pada putaran bawah, tetapi juga irit bahan bakar. Konsumsi BBM-nya mencapai 39,3 kilometer per liter (Euro 3).

CRF150L juga telah dibekali suspensi upside down dari Showa berdiameter 37 milimeter. Sedangkan belakang menggunakan suspensi monoshock dengan sistem Pro-link. Pelek menggunakan alumunium berukuran 21 inci depan dan 18 inci belakang, dibalut dengan ban dual purpose. Sementara pengereman, depan dan belakang menggunakan cakram.