Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 16 November 2017 | 10:48 WIB
  • Upaya Honda Lahirkan Pesaing NMax

  • Oleh
    • Rendra Saputra
Upaya Honda Lahirkan Pesaing NMax
Photo :
  • Dok: Honda
Honda PCX Electric. Ilustrasi.

VIVA – Setelah merilis CRF150L di segmen trail entry-level, Astra Honda Motor dijadwalkan bakal segera merilis produk barunya lagi. Kali ini datang dari segmen skuter matik premium, PCX versi lokal.

Selama ini PCX merupakan skutik premium Honda yang ditawarkan dengan banderol mahal di kelasnya, mengingat produknya diimpor dari Vietnam. Karena harga yang mahal pula, penjualannya kecil. Berbeda dengan Yamaha yang memanfaatkan peluang dengan menawarkan NMax. Tak butuh waktu lama, NMax langsung laris manis, bahkan menjadi penyumbang besar bagi dompet pabrikan berlogo ‘garpu tala’ itu.

Tak mau diam berpangku tangan, AHM terus memutar otak untuk menjegal si kompetitor biru. Berbagai opsi digelontorkan hingga akhirnya mantap memilih melokalkan PCX di Indonesia. Dengan begitu, harga bakal lebih bersaing nantinya dengan kompetitor.

Direktur Pemasaran Astra Honda Motor, Thomas Wijaya, mengatakan wujud PCX yang akan hadir tentu tak akan jauh berbeda dengan yang ada saat ini. Sementara fitur dan spesifikasi lainnya akan dibuat sesuai dengan kebutuhan pasar di Indonesia.

"Yang pasti tidak tahun ini, tahun depan (peluncurannya). Sekarang masih dalam tahap finalisasi. Modelnya kurang lebih akan sama seperti yang diperkenalkan di Tokyo Motor Show," kata Thomas saat ditemui di HondaFunRide CRF150L, di Dago, Bandung, Jawa Barat.

Seperti diketahui, pada ajang Tokyo Motor Show Oktober lalu, Honda memajang dua model PCX terbaru. Motor tersebut akan dipasarkan di wilayah Jepang dan Asia mulai Januari 2018.

Terkait kepastian kapan debut di Tanah Air dilakukan, Thomas memilih bungkam. Dia hanya menyebut, bisa saja dilakukan di awal atau pertengahan tahun. Sementara beberapa sumber menyebut, peluncuran akan dilakukan pada kuartal pertama 2018. "Ya nanti tunggulah kemunculannya," kata dia. (hd)