Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 14 Juli 2017 | 14:00 WIB
  • Review Mazda CX-5, Kelebihan-Kekurangan Mobil Rasa Eropa

  • Oleh
    • Krisna Wicaksono
Review Mazda CX-5, Kelebihan-Kekurangan Mobil Rasa Eropa
Photo :
  • VIVA.co.id/Krisna Wicaksono
All-New Mazda CX-5.

VIVA.co.id – PT Eurokars Motor Indonesia sebagai agen pemegang merek mobil Mazda di Tanah Air mengajak beberapa awak media untuk merasakan langsung mobil terbaru mereka yang bakal diluncurkan bulan depan, yakni CX-5.

Guna mengupas semua fitur dan keunggulannya, EMI menetapkan rute yang cukup jauh, yakni dari Malang, Jawa Timur ke Pulau Bali. Total jarak yang ditempuh yakni sekitar 570 kilometer.

Perjalanan dibagi menjadi dua etape, Malang-Banyuwangi dan Banyuwangi-Denpasar. Mobil yang digunakan terdiri dari dua tipe, CX-5 GT dan CX-5 Elite. Perbedaan kedua tipe itu ada pada fitur dan aksesorinya. Secara eksterior, interior dan mesin, keduanya memiliki spesifikasi yang sama.

Pada etape pertama, VIVA.co.id mendapat jatah CX-5 GT. Perbedaan CX-5 baru dan lama cukup banyak, mulai dari desain eksterior hingga interior. Tampilan mobil berkapasitas lima penumpang terbaru ini lebih menarik dengan adanya perubahan pada grille.

Jika grille CX-5 lama menggunakan model garis krom, maka CX-5 terbaru sudah mengadopsi desain sarang tawon. Hasilnya, tampilan depan mobil menjadi lebih sangar, mirip mobil Jaguar. Sementara itu, lampu kabut dibuat minimalis dan berukuran kecil.

Mazda juga mengubah desain atapnya. Pilar A yang tadinya agak tegak dibuat lebih rendah. Pilar C juga lebih turun, sehingga mengesankan mobil coupe. Perubahan juga tampak pada lampu belakang, yang dibuat lebih kecil.

All-New Mazda CX-5.

All-New Mazda CX-5. (Foto: VIVA.co.id/Krisna Wicaksono)

CX-5 baru menggendong mesin yang sama seperti tipe sebelumnya, yakni 2.500 cc dengan transmisi otomatis enam percepatan. Berbeda dari produsen mobil asal Jepang lainnya, Mazda tetap mempertahankan transmisi otomatis model lawas, namun dengan pengembangan mereka sendiri.

Pilihan Mazda soal transmisi sangat tepat. Dibanding dengan transmisi continuous variable transmission (CVT), transmisi matik Mazda lebih responsif saat hendak menyusul kendaraan lain. Bila terasa kurang, pengemudi bisa mengaktifkan mode semi otomatis yang tersedia di tuas transmisi.

Selanjutnya...konsumsi BBM