Pertolongan Pertama Mobil Terendam Banjir

Mobil mogok karena terobos banjir di TB Simatupang
Sumber :
  • VIVAnews / Dian Widiyanarko

VIVA.co.id – Ratusan titik di Ibu Kota Jakarta hari ini terendam banjir. Tak cuma kawasan permukiman, jalanan juga tak luput dari sergapan banjir.

Terpantau, tak cuma sepeda motor yang menjadi korban banjir karena nekat menerobos, sejumlah mobil juga ikut mogok. Selain di jalan raya, banyak pula mobil yang mogok karena ikut kena banjir di permukiman.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Bagi Anda yang mobilnya menjadi korban banjir, usahakan jangan panik. Karena kepanikan justru menambah persoalan. Ada beberapa langkah awal yang bisa diterapkan sebagai pertolongan pertama.

Menurut Rahmat Hidayat, mekanik Purnama Jaya di Depok, Jawa Barat, sebaiknya pemilik mobil melakukan pertolongan awal, terutama dalam hal kelistrikan sebelum membawa ke bengkel. "Langkah pertolongan yakni langsung melepaskan kabel negatif pada aki. Ini penting untuk menghindari arus pendek, karena juga bisa merusak komponen lainnya," kata Rahmat kepada VIVA.co.id, Selasa, 21 Februari 2017.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Setelah itu dilakukan, nonaktifkan rem parkir. Anda bisa memasukkan persneling ke gigi satu untuk mobil manual atau posisi "P" untuk mobil matik. "Kalau cara ini agar kampas rem tidak melekat. Terutama, untuk mobil yang masih menggunakan rem tromol," kata dia.

Terakhir, kuras oli atau menggantinya dengan yang baru, termasuk pelumas-pelumas yang ada di transmisi. Karena mobil yang terendam banjir kondisi olinya sudah tak bersih. Jangan lupa, jika sudah di bengkel, lakukan pengecekan menyeluruh. (one)

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa
Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022