Tips Ampuh Agar Mobil Irit Bahan Bakar, Terlihat Sepele

Ilustrasi mengemudi.
Sumber :
  • Pixabay/Foundry

VIVA.co.id – Memilih sebuah mobil yang irit bahan bakar, tentu menjadi cara pintar untuk menghemat pengeluaran. Namun, banyak orang yang masih tak menyadari jika irit, atau tidaknya sebuah mobil juga dipengaruhi faktor lain selain kapasitas mesin.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Menurut beberapa sumber yang berhasil dihimpun VIVA.co.id, ada beberapa faktor yang sebenarnya memengaruhi tingkat konsumsi bahan bakar pada sebuah kendaraan. Beberapa faktor itu, bahkan terbilang sepele. Sayangnya, masih banyak yang tak mengetahuinya.

Yang pertama adalah gaya mengemudi. Berbagai penelitian telah dilakukan mengenai hal ini. Gaya mengemudi yang agresif, serta terlalu sering 'stop and go' ternyata membuat mobil menjadi lebih boros bahkan diklaim beberapa kalangan mencapai 33 persen.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Kedua, mobil yang secara rutin dilakukan servis, terutama di diler-diler resmi juga akan lebih irit. Meski jangka servis berbeda-beda dari setiap model dan merek mobil, namun mayoritas servis dilakukan setiap 20 ribu kilometer untuk tiga tahun pertama.

Yang ketiga adalah mengecek kondisi ban. Kondisi ban yang ideal tentu akan membuat mobil lebih irit. Biasanya, pabrikan mobil juga telah menyediakan panduan untuk pengisian udara pada ban untuk mendapatkan kondisi ideal sehingga mobil lebih irit bahan bakar.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Faktor lain, atau yang keempat, penggunaan fasilitas mobil seperti charger hape hingga penggunaan fitur-fitur seperti AC juga memengaruhi tingkat konsumsi sebuah kendaraan. Jadi, jika tak terpaksa harus diperhatikan hal tersebut.

Yang tak kalah penting, tentu Anda harus merencanakan berbagai kegiatan, atau aktivitas Anda dengan terencana. Sebab, terkadang Anda bisa menyelesaikan beberapa agenda Anda dengan sekali perjalanan. (asp)

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022