Tips Sederhana Perawatan Vespa Jadul, Hanya Perlu Sabar

Bengkel Vespa
Sumber :
  • viva.co.id/Jeffry Sudibyo

VIVA.co.id – Merawat motor tua atau klasik khususnya seperti Vespa 'jadul' memang membutuhkan kesabaran yang ekstra. Namun siapa bilang, perawatan motor tua sulit dilakukan. Sebenarnya, sang pemilik bisa melakukannya sendiri di rumah.

Umi Pipik Bersyukur, Abidzar Ulang Tahun Diberi Kado Spesial Sama Raffi Ahmad

Penggawa bengkel spesialis motor tua Eprotek Motor, Emnuh mengatakan, perawatan motor tua sebenarnya sangat sederhana. Hanya memang kita harus lebih ekstra sabar. Hal yang bisa dilakukan pemilik untuk menjaga keawetan motor klasiknya antara lain yaitu menghidupkan motor setiap hari untuk menghindari kerusakan pada komponen dan mesin.

"Sehari harus dipanasin minimal 3-5 menit. Kalau enggak, oli mesin bisa jadi kental bahkan kering akibatnya seher macet, kopling slip dan gir motor tidak berputar normal dan suara mesin jadi kasar," kata Emnuh kepada VIVA.co.id di Jakarta Timur, Rabu 22 Maret 2017.

Update Terbaru Harga Motor Vespa di Indonesia

Kedua, yakni mengganti oli mesin secara berkala. Tak berbeda perlakuannya dengan sepeda motor pada umumnya. Tak sampai di situ, pemilik juga harus rajin melumasi kabel-kabel pada handle rem dan kopling dengan cairan pembersih khusus.

"Kabel kopling perlu dirawat agar kopling jadi ringan dan maksimal," tambahnya.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Lalu perhatikan keran bensin. Biasanya para pemilik Vespa jadul kerap lupa menutup keran bensin yang mengakibatkan bensin memenuhi karburator atau banjir sehingga dampaknya busi jadi cepat hitam alias kotor.

"Busi soak karena terlalu banyak kena bensin pas kondisi motor mati atau lupa nutup kran bensin. Solusinya sabar, santai dan enggak maksain geber motor di luar kemampuan mesin," katanya.

Mudah bukan?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya