Bikin Mobil Irit BBM dengan Memanfaatkan Smartphone

Info kemacetan lalu lintas di Google Maps
Sumber :
  • Google Maps

VIVA.co.id – Semua orang tentu ingin memiliki kendaraan yang bebas masalah dan irit dalam hal pemakaian bahan bakar minyak atau BBM.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Berbagai cara mereka lakukan untuk mengurangi konsumsi BBM, mulai dari menerapkan teknik berkendara khusus hingga memasang aneka jenis aksesori yang diklaim bisa bikin irit BBM.

Dilansir dari laman resmi Daihatsu, Minggu 26 Maret 2017, ada cara lain yang bisa dipraktikkan pengemudi agar penggunaan BBM kendaraan tidak boros.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Cara yang dimaksud yakni dengan memanfaatkan smartphone. Bagaimana caranya?

Keunggulan utama dari smartphone adalah tersedianya aneka macam aplikasi yang bisa membantu pengguna. Aplikasi yang ada bisa menyediakan aneka macam informasi, salah satunya titik-titik macet yang sedang terjadi di jalanan umum.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Dengan memanfaatkan beberapa aplikasi, pengemudi bisa mengetahui apakah jalur yang akan dilewati sedang macet atau lancar. Jika ternyata macet, maka pengemudi bisa memilih jalur lain yang lebih lengang.

Karena tidak terjebak macet, maka mesin kendaraan tidak perlu bekerja terlalu lama. Pemakaian BBM otomatis menjadi lebih irit. Namun, pengemudi juga harus bijak memilih rute alternatif yang akan dipilih.

Jika selisih jarak antara jalur macet dan jalur alternatif cukup jauh, maka penghematan BBM yang didapat mungkin tidak terlalu banyak jumlahnya.

Selain aplikasi peta, pengemudi juga bisa memanfaatkan informasi yang tersedia di media sosial, seperti Facebook dan Twitter. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya