Kisaran Biaya Perbaikan AC Mobil Rusak, Catat Buat Pedoman

Ilustrasi menyalakan AC mobil.
Sumber :
  • Driving.ca

VIVA.co.id – Seperti komponen mobil lainnya, motor extra fan AC pada kendaraan juga bisa mengalami kerusakan. Penyebabnya adalah masa pakai kendaraan atau kerja kipas yang cukup berat lantaran pendingin kabin diaktifkan terus menerus.

3 Kesalahan Menyalakan AC Mobil yang Bisa Merusak

Pemilik bengkel mobil Fendryss Motor, Rusdi Sopandi, mengatakan, kerusakan biasa terjadi pada komponen motor atau bisa juga hanya di bagian as. "Kalau untuk as, kalau sudah rusak otomatis harus ganti satu set, enggak ada komponennya. Jadi harus semua," ujar Rusdi ketika disambangi VIVA.co.id, di Jakarta Timur, Senin 3 April 2017.

Kerusakan motor fan AC, kata Rusdi, biasa terjadi di mobil-mobil jenis Multi Purpose Vehicle dan City Car. Ini lantaran mobil biasa menggunakan AC dalam kondisi yang lama, serta hanya memiliki satu kipas baik untuk radiator dan AC. "Itu kalau rusak memang biasanya kami langsung ganti. Sering itu seperti Avanza karena dia menyatu sama motor fan mesin, cuma satu. Terus seperti City Car juga biasanya begitu" tutur dia.

4 Cara Cepat Turunkan Suhu AC Mobil di Cuaca Panas

Soal biaya perbaikan motor fan AC, Rusdi mengatakan, tergantung pada jenis mobil dan komponen penggantinya. Rusdi menyediakan pilihan suku cadang original pabrikan dan suku cadang standar.

"Harga tergantung dari jenis model mobil dan mereknya apa. Kalau Avanza komponen yang biasa itu cuma sekitar Rp300 ribuan, original-nya di atas Rp800 ribu. Kalau Innova lebih mahal jelas, yang asli di atas Rp1 juta, yang biasa itu Rp600 ribuan. Honda Jazz sekira Rp500 ribuan, itu sudah berikut ongkos kerja ya," ujar dia. (hd)
 

Ini Penyebab AC Mobil Enggak Dingin saat Cuaca Panas
VIVA Otomotif: Mobil parkir sembarangan ditabrak pemilik rumah.

Terpopuler Otomotif: Mobil Hitam Ditabrak Berkali-kali, Honda HR-V Kena Recall Lagi

Berita yang membahas mengenai mobil hitam ditabrak berkali-kali dan Honda HR-V kena recall lagi, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
30 September 2023