Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 19 Mei 2017 | 15:30 WIB
  • Enam Cara Manjur Bikin Mobil Warna Hitam Tetap Berkilau

  • Oleh
    • Rendra Saputra
Enam Cara Manjur Bikin Mobil Warna Hitam Tetap Berkilau
Photo :
  • viva.co.id/Jeffry Sudibyo
Honda HR-V tenaga buas

VIVA.co.id – Mobil berwarna hitam bisa dikatakan jadi kelir favorit banyak pencinta kendaraan roda empat di Tanah Air. Beragam kelebihan jadi alasan mereka mengapa memilih warna ini, di antaranya tak mudah terlihat kotor, hingga tampil lebih macho. Namun ternyata ada risiko yang mesti ditanggung, karena harus bersiap untuk melakukan perawatan ekstra ketimbang mobil berwarna lain.

Seperti dilansir situs resmi Daihatsu, Jumat 19 Mei 2017, ini perlu diperhatikan agar mobil tak menjadi kusam dan tak lagi menarik untuk dipandang. Untuk mengatasi masalah ini, ada enam cara perawatan yang perlu diperhatikan para pemilik mobil berwarna hitam. Apa saja?

Pertama, cuci mobil di pagi atau sore hari. Waktu demikian sangat tepat untuk mencuci mobil, jika dilakukan siang hari, dikhawatirkan timbulnya jamur lebih cepat. Jamur bisa muncul di permukaan cat mobil yang menguap, karena terkena panas sinar matahari. Usai mencuci, seka dengan lap khusus yang berbahan microfiber hingga benar-benar kering.

Kedua, perhatikan teknik mengelap. Lakukan proses menyeka atau mengelap dengan gerakan searah dengan tujuan menghindari baret halus dan swirl (sarang laba-laba). Ketiga, lakukan proses detailing dan paint protection setidaknya setahun sekali. Karena lapisan pernis di cat mobil berwarna hitam sangat tipis, sehingga bisa membuat mobil terlihat lebih cepat kusam. Hal ini bertujuan agar lapisan pernis tetap terjaga ketebalannya serta mampu menghilangkan baret dan swirl

Keempat, hindari penggunaan sabun berbahan deterjen. Sifat kimiawi deterjen dalam jangka waktu lama dapat membuat lapisan cat menjadi lebih cepat kusam. Disarankan untuk menggunakan shampoo dan sabun berbahan dasar air yang kini banyak tersedia di pasaran.

Kelima, gunakan kemoceng untuk bersihkan debu. Ketika hendak membersihkan kotoran atau debu yang melekat pada cat mobil dengan menggunakan kemoceng, sebaiknya cukup diseka saja, dan jangan ditekan berlebihan. Karena menyeka dengan tekanan yang berlebih bisa menimbulkan baret.

Keenam, pastikan mobil bersih saat gunakan sarung mobil. Karena debu mudah tertimbun dalam waktu yang cepat. Pilihlah sarung mobil yang terbuat dari bahan yang halus agar tidak sampai menggores lapisan cat mobil. (ren)