Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 19 Mei 2017 | 16:34 WIB
  • Noda Aspal Menempel di Bodi Mobil, Berikut Tips Ampuhnya

  • Oleh
    • Toto Pribadi
Noda Aspal Menempel di Bodi Mobil, Berikut Tips Ampuhnya
Photo :
  • ahzura
Noda aspal pada bodi mobil

VIVA.co.id – Seakan sudah menjadi tradisi jelang Lebaran, banyak sekali ditemui proyek perbaikan jalan, guna memaksimalkan arus mudik. Salah satunya, dengan melakukan pengaspalan ulang. Sayangnya, hal itu ternyata juga menyisakan risiko. Salah satunya adalah menempelnya aspal yang belum kering ke bodi mobil.

Menempelnya aspal di bodi mobil ini, tentu sangat mengganggu pemandangan. Terlebih, noda aspal terbilang sangat sulit untuk dihilangkan dan berpotensi merusak cat. Namun bagi Anda yang mengalami hal tersebut tak perlu terlalu panik. Ternyata, ada beberapa langkah untuk mengatasinya.

Dilansir situs resmi Daihatsu, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan alat dan bahan yang tepat seperti kain lap bersih dan lembut, cairan pengusir aspal seperti minyak tanah, solar, bensin, atau tar remover.

Pastikan, saat membersihkan kondisi noda pada bodi tidak dalam keadaan basah. Lalu, siapkan kain lap yang dibasahi dengan cairan pembersih yang Anda pilih. Tempelkan kain lap basah tadi pada noda aspal selama beberapa menit, agar melunak dan daya rekat berkurang.

Beri sedikit tekanan, agar cairan di kain lap bisa lebih meresap pada noda aspal yang menempel. Mulailah menggosok noda tersebut dengan lembut dan berulang-ulang. Jika lap mulai mengering, basahi kembali dan digosok ulang hingga noda benar-benar terangkat dan hilang.

Jika noda dalam keadaan keras, jangan pernah untuk memaksa menggosoknya dengan keras pula. Hal ini akan menyebabkan kerusakan pada bodi mobil.

Jika noda aspal sudah hilang, seka kembali dengan kain lap lembut yang masih bersih. Lalu, kusam bekas noda aspal dapat dibersihkan kembali menggunakan wax, agar cat mobil kembali terlihat mengkilap. (asp)