Cara Simpel Atasi Motor Putih Jadi Kekuning-kuningan

All New Honda BeAT Injeksi. Ilustrasi.
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVA.co.id – Salah satu momok menakutkan bagi para pemilik sepeda motor warna putih adalah kelir yang berubah jadi kekuningan atau memudar. Berbagai penyebab muncul hingga menjadikan kelir putih pada motor menjadi kekuningan, salah satunya karena jamur.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Seperti dilansir situs resmi Honda, Senin 22 Mei 2017, penyebab lain motor berkelir putih kerap memudar warnanya, yakni karena terlalu lama dibiarkan kotor tanpa dibersihkan. Noda yang menempel di bodi perlahan akan menimbulkan bercak dan membuat cat menjadi pudar.

Untuk mengatasinya dan bisa dikerjakan sendiri di rumah, pastikan motor selalu terjaga dalam keadaan bersh. Lakukan pemolesan dengan jangka waktu tiga sampai empat bulan sekali. Hal ini guna menjaga bodi agar tak jamuran dan menghilangkan bercak kotoran yang menempel dalam waktu lama. Proses pemolesan cukup tiga tahap dan cat putih pada tunggangan kesayangan kembali mengkilap.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Perlengkapan yang dibutuhkan juga tidak sulit mencarinya. Sudah tersedia di pasar atau swalayan. Seperti cairan penghilang jamur bodi atau yang biasa disebut obat jamur, kompon putih, dan cairan wax sebagai sentuhan akhir agar noda tidak mudah balik lagi.

Lalu bagaimana cara mengerjakannya? Langkah awal yakni mengoleskan cairan penghilang jamur pada bodi motor dengan spons atau busa. Kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Langkah berikutnya, gosokkan kompon putih dengan spons agar mengangkat noda yang menempel. Saat menggosoknya, lakukan dengan sedikit tenaga. Terakhir, lakukan proses waxing agar melindungi cat supaya tidak mudah menempel noda lagi. Sehingga hasilnya dapat bertahan lama. Lakukan pula memoles dengan gerakan memutar agar dapat hasil maksimal.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022