Cek Oli Mobil Tidak Sekadar Cabut Tongkatnya

Ilustrasi cek oli mesin mobil.
Sumber :
  • Youtube

VIVA.co.id – Salah satu komponen kendaraan yang wajib dicek secara berkala adalah oli mesin. Apakah volumenya sudah mulai berkurang atau kualitasnya sudah menurun.

Ganti Oli Mesin Sebaiknya Sebelum atau Sesudah Mudik?

Meski jangka waktu penggantian oli relatif panjang, namun bukan berarti pelumas yang satu ini tidak perlu diperiksa secara berkala.

Memeriksa oli dapat dengan mudah dilakukan sendiri di rumah, bahkan oleh kaum hawa sekalipun. Cukup buka kap mesin dan cari ujung tongkat berwarna terang di sekitar daerah mesin. Warna yang digunakan pada ujung tongkat umumnya kuning, oranye dan merah.

Motul Luncurkan Oli yang Cocok dengan Karakter Mesin Kawasaki

Meski kelihatan sepele, namun ternyata memeriksa oli mesin tidak sebatas mencabut tongkat dari lubang dan melihat batas ketinggiannya saja. Ada hal-hal yang yang perlu diperhatikan, agar pengecekan oli dapat akurat.

Dilansir dari Daihatsu, Rabu, 24 Mei 2017, hal pertama yang harus diketahui pemilik mobil adalah kondisi mesin saat pengecekan oli. Beberapa produsen mobil mensyaratkan mesin harus dalam kondisi dingin saat tongkat oli dicabut, sementara ada juga yang mewajibkan mesin dipanaskan selama beberapa menit terlebih dulu.

Ini Alasan Mengapa Oli Mesin Butuh Zat Tambahan atau Aditif

Untuk mengetahui aturan yang berlaku bagi mobil Anda, periksa buku manual pemilik kendaraan. Di buku tersebut dicantumkan dengan jelas kondisi mesin yang ideal untuk pemeriksaaan oli.

Kedua, pastikan mobil terparkir di permukaan yang rata. Hal ini untuk mendapatkan data yang akurat tentang berapa banyak oli yang ada di dalam mesin. Jika mobil terparkir miring, walau hanya beberapa derajat, hal itu akan memengaruhi ketinggian oli yang ada pada lubang pengecekan.

Terakhir, lakukan pengecekan oli beberapa kali. Ini perlu agar hasil yang didapat bisa lebih akurat. Usap oli yang menempel pada tongkat dengan lap dan masukkan lagi tongkat ke dalam lubangnya. Ulangi hingga 2-3 kali. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya